STUDI FENOMENOLOGI MENGENAI KONSUMSI PESAN AUDIENS INSTAGRAM DARI HASIL FILTER BUBBLE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Mustikaningtyas, Dhyah (2018) STUDI FENOMENOLOGI MENGENAI KONSUMSI PESAN AUDIENS INSTAGRAM DARI HASIL FILTER BUBBLE MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Melihat banyak sekali masyarakat yang dengan mudahnya mempercayai kebenaran sebuah informasi hanya melalui satu media saja dan aktivitas penggunaan media sosial Instgram yang semakin intens pada penggunanya, temuan pesan dan informasi yang selalu sama yang diterima oleh audiens Instagram yang membuat pengguna semakin nyaman sebenarnya adalah hasil dari gelembung bias atau filter bubble media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Studi fenomenologi merupakan penelitian yang berfokus pada pengalaman subjek mengenai sebuah fenomena yang kemudian mengkonstruksi makna atau tindakan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan dan penerimaan pesan audiens Instagram dari hasil filter bubble media sosial Instagram. Dari penelitian ini ditemukan kedelapan informan sepakat media sosial instgram adalah media baru yang efektif penggunaannya, tiga informan yang menjadi bergantung kepada satu media untuk dijadikan media penerimaan informasi dan lima informan yang menggunakan banyak media untuk mengetahui kebenaran sebuah informasi, filter bubble sebagai switche yang dihasilkan oleh programmer dalam hal ini algoritma yang diterapkan pada media sosial Instagram yang sengaja dibuat dan ditawarkan kepada pengguna membentuk kekuatan baru untuk kemudian mengarahkan kepada pengguna yang akhirnya memberikan dampak ketergantungan bagi penggunanya ketika tidak memahami bagaimana fungsi dan tujuan dari menggunakan media sosial. Kata Kunci: Studi Fenomenologi, Media Sosial, Instagram, Filter Bubble

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:49
Last Modified: 12 Sep 2018 03:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item