MASKULINITAS DALAM IKLAN AXE BLACK (Analisis Semiotika Iklan AXE BLACK versi Chicco Jerikho “JADILAH TENANG”)

TASIN, DAVID CHRISTIAN (2017) MASKULINITAS DALAM IKLAN AXE BLACK (Analisis Semiotika Iklan AXE BLACK versi Chicco Jerikho “JADILAH TENANG”). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Di antara iklan yang muncul di media massa, terdapat iklan yang menggunakan imaji maskulinitas. Media secara tidak langsung membentuk image ideal bagi laki-laki. Iklan televisi Axe Black menjadi salah satu contoh bagaimana media mengkonstruksi imaji maskulinitas. Penelitian yang berjudul “MASKULINITAS DALAM IKLAN AXE BLACK (Analisis Semiotika Axe Black versi Chicco Jerikho “Jadilah Tenang”)” ini bertujuan untuk mengetahui dan memaknai simbol yang ada dalam iklan tersebut dan bagaimana maskulintas di representasikan dalam iklan televisi terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yang digunaka untuk menafsirakan tanda maupun simbol yang direpresentasikan dalam iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan gambaran maskulinitas yang lebih bergaya metroseksual, berbeda dengan kebanyakan iklan produk khusus pria yang seringkali menggambarkan laki-laki berotot, kekar, berkeringat. Dalam iklan tersebut makna maskulinitas dikemas dalam penampilan dan style yang modis, rambut tertata rapih, sikap kalem, dan update mengenai gaya hidup terkini. Iklan dengan mahir membuntuk image ideal bagi laki-laki sesuai dengan keinginan pasar melaui penampilan yang menarik, stylis, dan wangi. Image maskulinitas yang di konstruksikan dalam iklan Axe Black menegaskan motif komunikasi informatif yang menyampaikan informasi sekaligus pengetahuan pada khalayak mengenai style dan penampilan dalam kehiduan sehari-hari menjadi salah satu nilai yang kuat. Kata Kunci: Maskulinitas, Semiotika, Iklan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Oct 2017 01:11
Last Modified: 05 Oct 2017 01:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13185

Actions (login required)

View Item View Item