STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS BAKPIA MUTIARA JOGJA

SIHOTANG, WILSON RAFFAEL (2017) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS BAKPIA MUTIARA JOGJA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (64kB)

Abstract

Persaingan antar perusahaan kuliner oleh-oleh khas yogya di daerah
Yogyakarta sangatlah ketat dan sebuah perusahaan dituntut untuk melakukan
strategi marketing yang efektif. Tujuan penelitian adalah mengetahui strategi
marketing public relations Bakpia Mutiara Jogja dalam membangun brand
awareness. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang
memaparkan mengenai strategi yang digunakan marketing public relations Bakpia
Mutiara Jogja dalam membangun brand awareness. Data-data dikumpulkan
dalam bentuk data primer dari hasil wawancara, observasi, dan data sekunder dari
studi pustaka disusun secara kualitatif. Teori yang digunakan adalah Perencanaan
dan Teori Marketing Public Relations Kotler dan Keller. Data dalam hasil
penelitian menunjukkan bahwa Bakpia Mutiara Jogja mempunyai perancanaan
matang dalam menerapkan strategi marketing public relations. Hasil penelitian
adalah dengan menjalankan strategi yaitu strategi marketing public relations
pull,push, dan pass. Strategi marketing public relations pull yaitu dengan
memberikan edukasi tentang Bakpia Mutiara Jogja serta membuat promosi, push
yaitu dengan membuat kemasan dan varian rasa baru, pass yaitu dengan
mengikuti event, celebrity endorse dan melakukan kegiatan kemanusiaan. Strategi
yang dijalankan tersebut cukup efektif yaitu telah sesuainya image yang terbentuk
dimata pelanggan dengan image yang diharapkan perusahaan yakni sebuah
perusahaan kuliner oleh-oleh khas yogyakarta, berkualitas, dan harga terjangkau.
Dengan demikian tercapainya image positif di masyarakat akan mempermudah
dalam upaya pemasaran dan menciptakan kepuasan pelanggan.
Kata kunci: brand awareness, bakpia mutiara jogja, marketing public
relations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: brand awareness, bakpia mutiara jogja, marketing public relations.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jul 2017 03:14
Last Modified: 16 Nov 2023 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item