TWITTER SEBAGAI MEDIA KAMPANYE POLITIK PARTAI BARU (Studi Analisis Isi Akun Twitter @PartaiPerindo Periode 1 Maret – 7 Maret 2017 dalam Meningkatkan Popularitas sebagai Partai Baru)

Avetarina, Zefainya Galuh (2017) TWITTER SEBAGAI MEDIA KAMPANYE POLITIK PARTAI BARU (Studi Analisis Isi Akun Twitter @PartaiPerindo Periode 1 Maret – 7 Maret 2017 dalam Meningkatkan Popularitas sebagai Partai Baru). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 2. lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (101kB)

Abstract

Komunikasi politik melalui media sosial kini digunakan banyak aktivis politik sebagai media kampanye politik, salah satunya partai Perindo (Persatuan Indonesia). Partai Perindo menggunakan media sosial Twitter sebagai media kampanye tidak langsung sebagai upaya meningkatkan popularitas partai. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk memperoleh penjelasan mengenai isi pesan pada tweet yang diposting oleh akun Twitter Perindo. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian pada isi tweet tersebut adalah dengan analisis isi. Teknik penelitian analisi isi memaparkan isi secara objektif, sistematis, dan kuantitatif. Peneliti memaparkan hasil penelitian menggunakan pendekatan teori Komunikasi Politik dan konsep Media Baru. Keseluruhan tweet akun Twitter Perindo yang diposting hingga tanggal 8 Maret 2017 dengan berjumlah 23.975 tweet menjadi populasi dalam penelitian ini. Kemudian untuk sampel penelitian diambil dari tweet periode 1 Maret hingga 7 Maret 2017 yang berjumlah 147 tweet. Peneliti memilih periode tersebut karena dalam jangka waktu satu Minggu isi tweet beragam sehingga dapat digunakan sebagai pembanding tweet kampanye dan non-kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi tweet yang bersifat kampanye lebih dominan dari pada non-kampanye. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian unit analisis topik pada kategori kampanye yang mendapat persentase 89%. Kampanye Perindo yang dilakukan melalui media sosial Twitter lebih banyak memposting kegiatan partai dan bertujuan untuk dapat terhubung dengan pendukung. Media sosial Twitter menyediakan fitur yang mendukung dalam melakukan kampanye politik. Namun, penggunaan Twitter tidak mencapai efektivitas sebagai media kampanye politik. Hal tersebut dikarenakan akun Twitter Perindo lebih banyak melakukan komunikasi satu arah dalam melakukan kampanye politik melalui postingan tweet, sehingga komunikasi politik yang dilakukan tidak maksimal.
Kata kunci: kampanye politik, partai Perindo, media sosial Twitter, analisis isi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kampanye politik, partai Perindo, media sosial Twitter, analisis isi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:18
Last Modified: 20 Nov 2023 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item View Item