STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA (Studi Kasus Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Magelang Dalam Mempromosikan Program Ayo Ke Magelang 2015)

Herdianto, Odhi (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA (Studi Kasus Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Magelang Dalam Mempromosikan Program Ayo Ke Magelang 2015). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 2 HALAMAAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 HALAMAAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 3 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pariwisata dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta
kesejahteraan masyarakat. Kota Magelang yang terletak pada jalur transportasi
utama regional Jawa Tengah memiliki potensi dalam menarik wisatawan.
Pengembangan pariwisata dilakukan oleh Pemerintah Kota Magelang dibantu
oleh Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Magelang
melalui program Ayo ke Magelang 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Dinas Pemuda, Olah
Raga, Kebudayaan dan Pariwisata dalam mempromosikan program Ayo Ke
Magelang 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penyusunan pesan. Hasil
Penelitian menunjukkan Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata
Kota Magelang mempromosikan program Ayo ke Magelang 2015 menggunakan
strategi komunikasi, yaitu push strategy dan pull strategy yang kemudian
diterapkan pada komunikasi pemasaran terpadu. Pelaksanaan kegiatan komunikasi
pemasaran meliputi periklanan melalui media elektronik, media cetak, dan media
luar ruang. Personal selling, dengan membuat dan mengikuti pameran serta
melakukan travel dialog ke luar provinsi. Memanfaatkan sosial media, facebook
sebagai bentuk direct marketing. Promosi penjualan dengan membuat one day
tour, fam trip dan memberikan sampel produk unggulan. Serta menjalin hubungan
baik dengan masyarakat melalui komunitas untuk mendukung berjalannya
program Ayo ke Magelang. Melalui komunikasi pemasaran yang telah dilakukan,
program ini terbukti dapat meningkatkan kunjungan pariwisata, dilihat dari
kenaikan tingkat kunjungan hotel pada tahun 2015.
Keyword: Push Strategy, Pull Strategy, Komunikasi Pemasaran Terpadu

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:16
Last Modified: 05 Apr 2017 02:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item