ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING (Studi Kasus Pembentukan Personal Branding Fashion Designer Fitri Aulia melalui Blog dan Instagram)

Nurhafidhah, Novita (2017) ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING (Studi Kasus Pembentukan Personal Branding Fashion Designer Fitri Aulia melalui Blog dan Instagram). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAKSI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Novita Nurhafidhah, Nomor Mahasiswa 152130065, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian Analisis Peran Media Sosial dalam Pembentukan Personal Branding (Studi Kasus Pembentukan Personal Branding Fashion Designer Fitri Aulia melalui Blog dan Instagram), 2017. Dosen Pembimbing I : Sauptika Kancana, S. S, M. Si. dan Dosen Pembimbing II : Dr. Meilan Sugiarto, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran dari media sosial dalam proses pembentukan personal branding dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, studi dokumen, dan pengamatan melalui sumber kedua pada video blogging. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada personal branding yang dilakukan oleh Fitri Aulia melalui blog dan instagram. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa personal branding Fitri Aulia sebagai seorang fashion designer yang syar’i dan stylish merupakan personal branding yang otentik. Kriteria konsistensi dan visibilitas dari Hubert K. Rampersad merupakan kriteria yang paling berperan dan didukung dengan kriteria otoritas serta peningkatan kinerja Fitri Aulia sebagai fashion designer. Penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa fitur wide post content pada blog serta sifat instagram yang praktis memberikan peran paling dominan dalam memenuhi sebelas kriteria yang ada. Secara keseluruhan kedua media sosial ini memberikan peran yang berbeda apabila dilihat dari karakteristik dari pembaca atau pengikutnya. Namun yang paling berperan dalam proses personal branding ini adalah media sosial blog yang digunakan terlebih dahulu yaitu sejak tahun 2010. Penggunaan fitur-fitur seperti kolom komentar, header, widget, home, search, share, turn-on post notifications, insta-story, dan life streaming juga turut berperan dalam proses personal branding Fitri Aulia. Lebih jauh lagi, penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa personal brand memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan bisnis dari Fitri Aulia yaitu clothing line Kivitz yang saat ini tidak hanya berbasis online namun telah menjelma menjadi perusahaan dengan nama PT KIVITZ Kreasi Mode. Penjualan tak hanya berlangsung didalam negeri saja, namun telah mencapai Malaysia, Singapura, Hongkong, bahkan Afrika Selatan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah untuk menjaga konsistensi dari personal branding dengan tetap melakukan update pada media sosial yang digunakan. Kata Kunci : Personal Branding, Media Sosial, Blog, Instagram, Fitri Aulia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:04
Last Modified: 05 Apr 2017 02:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

View Item View Item