STUDI SEMIOTIK KOMUNIKASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM FILM JOBS

Nugroho, Ristiyanto (2016) STUDI SEMIOTIK KOMUNIKASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM FILM JOBS. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kewirausahaan dapat diartikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai dan kemampuan dari perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin dapat dihadapinya. Dan salah satu tugas penting kewirausahaan menurut IR. H. Moko P. Astamoen adalah pemutar gerak roda ekonomi, pembuka dan penyedia lapangan kerja, sehingga apabila kewirausahaan sebuah negara berkembang dengan pesat maka tentunya pertumbuhan ekonomi negara tersebut juga akan baik. Film sebagai salah satu media massa yang dapat menjangkau berbagai kalangan tentunya menjadi sarana yang baik dalam memperkenalkan kewirausahaan. Jobs sebuah film yang mengangkat seorang Steve Jobs wirausahawan yang terkenal pendiri perusahaan Apple Inc. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kewirausahaan yang disampaikan dan untuk mengetahui tahapan-tahapan menjadi seorang wirausahawan dalam film jobs. Penelitian ini menggunakan metode analisis Roland Barthes. Melalui metode tersebut maka dipilih berbagai adegan dalam film Jobs, yang selanjutnya adegan tersebut diungkap makna denotasi dan makna konotasinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga scene yang terdapat dalam film. Dari tiga scene tersebut penulis mendapatkan empat nilai dari delapan nilai yang ada. Adapun nilainya adalah keinginan untuk berprestasi, persepsi pada kemungkinan berhasil, rangsangan oleh umpan balik, dan orientasi masa depan. Sedangkan tahapan yang pernah dilalui oleh Steve Jobs adalah dia pernah bekerja di Atari sebuah perusahaan game, lalu dia mencoba bekerja secara kecil-kecilan, setelah berkembang dia mendirikan dan memperkerjakan orang-orang diperusahaan yang dia berikan, lalu Jobs mencoba dengan investasi dengan membuka siapa saja untuk membeli saham Apple. Key Word : Nilai-nilai Kewirausahaan, Semiotika, Film Jobs

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:08
Last Modified: 29 Dec 2016 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item