Nugroho, Ristiyanto (2016) STUDI SEMIOTIK KOMUNIKASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM FILM JOBS. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
cover.pdf Download (39kB) | Preview |
Preview |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (357kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (59kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kewirausahaan dapat diartikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang mempelajari
tentang nilai dan kemampuan dari perilaku seseorang dalam menghadapi
tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin
dapat dihadapinya. Dan salah satu tugas penting kewirausahaan menurut IR. H.
Moko P. Astamoen adalah pemutar gerak roda ekonomi, pembuka dan penyedia
lapangan kerja, sehingga apabila kewirausahaan sebuah negara berkembang
dengan pesat maka tentunya pertumbuhan ekonomi negara tersebut juga akan
baik. Film sebagai salah satu media massa yang dapat menjangkau berbagai
kalangan tentunya menjadi sarana yang baik dalam memperkenalkan
kewirausahaan. Jobs sebuah film yang mengangkat seorang Steve Jobs
wirausahawan yang terkenal pendiri perusahaan Apple Inc. Oleh karena itu
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kewirausahaan yang disampaikan
dan untuk mengetahui tahapan-tahapan menjadi seorang wirausahawan dalam
film jobs. Penelitian ini menggunakan metode analisis Roland Barthes. Melalui
metode tersebut maka dipilih berbagai adegan dalam film Jobs, yang selanjutnya
adegan tersebut diungkap makna denotasi dan makna konotasinya. Dalam
penelitian ini penulis menggunakan tiga scene yang terdapat dalam film. Dari tiga
scene tersebut penulis mendapatkan empat nilai dari delapan nilai yang ada.
Adapun nilainya adalah keinginan untuk berprestasi, persepsi pada kemungkinan
berhasil, rangsangan oleh umpan balik, dan orientasi masa depan. Sedangkan
tahapan yang pernah dilalui oleh Steve Jobs adalah dia pernah bekerja di Atari
sebuah perusahaan game, lalu dia mencoba bekerja secara kecil-kecilan, setelah
berkembang dia mendirikan dan memperkerjakan orang-orang diperusahaan yang
dia berikan, lalu Jobs mencoba dengan investasi dengan membuka siapa saja
untuk membeli saham Apple.
Key Word : Nilai-nilai Kewirausahaan, Semiotika, Film Jobs
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:08 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:08 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |