Public Relations, Reputasi, dan Corporate Social Responsibility (Strategi PR Pertamina RU IV dalam Mempertahankan Reputasi Melalui Program CSR Rural Economics Budidaya Jamur Tiram di Tegalkamulyan, Cilacap)

HARDIYANTI, IRNA (2013) Public Relations, Reputasi, dan Corporate Social Responsibility (Strategi PR Pertamina RU IV dalam Mempertahankan Reputasi Melalui Program CSR Rural Economics Budidaya Jamur Tiram di Tegalkamulyan, Cilacap). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di perusahaan minyak dan gas bumi Negara yaitu PT
Pertamina (persero) Refinery Unit (RU) IV Cilacap. Untuk mengetahui strategi PR
yang digunakan dalam mempertahankan reputasinya melalui program CSR rural
economics budidaya jamur tiram. Kerangka teori yang digunakan adalah teori
Corporate Citizenship. Dimana kerangka teori ini akan memperkuat penelitian yang
dilakukan di PT Pertamina (persero) RU IV Cilacap. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara,
observasi serta studi pustaka. Hasil penelitian yaitu strategi PR yang dilakukan dalam
mempertahankan reputasi melalui program CSR budidaya jamur tiram adalah: Plando-check-action
dimana tahapan penerapannya kedalam program CSR rural
economics budidaya jamur tiram ialah dengan melakukan pendekatan partisipatoris
kepada masyarakat, masyarakat dapat menentukan sendiri program yang akan
dijalankan oleh masyarakat setempat penerima program. Hingga akhirnya kedua
belah pihak (perusahaan dan masyarakat) setuju yakni program yang dijalankan
adalah Budidaya jamur tiram. Selama dijalankannya program tersebut perusahaan
tetap mendampingi masyarakat pelaksana program agar masyarakat tetap merasakan
adanya rasa memiliki atau sense of belonging. Kendala terlaksananya program CSR
budidaya jamur tiram ini adalah timbulnya miss komunikasi antara masyarakat
penerima program dan perusahaan yakni adanya penggunaan bahasa daerah setempat
yang kurang dipahami oleh staff CSR perusahaan. Namun bisa diminimalisir dengan
inovasi yang dijanlankan oleh PT Pertamina (persero) RU IV Cilacap yaitu dengan
selalu mengadakan survey rutin dan adanya bapak asuh. Evaluasi dilaksanakan
setelah berjalannya program CSR budidaya jamur tiram. Peneliti memberikan saran
kepada PT Pertamina (persero) RU IV Cilacap agar tetap menjalin komunikasi yang
baik sehingga kedepannya terdapat kesinambungan yang positif antara perusahaan
dengan masyarakat. Untuk evaluasi yang telah dilakukan oleh PT Pertamina (persero)
RU IV sendiri bekerjasama dengan lembaga Pure Institute digunakan sebagai
cerminan untuk pelaksanaan program CSR selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:30
Last Modified: 25 Nov 2016 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9386

Actions (login required)

View Item View Item