Endy Pratama HS, Ramadan (2012) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN ROKOK DJI SAM SOE VERSI “PEMBUAT GITAR”. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (51kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Iklan memiliki kecenderungan untuk mengartikan makna realitas hubungan
sosial dari masyarakat yang merupakan simbolisasi dari sebuah korporat yang
memposisikan produknya di masyarakat. Iklan rokok Dji Sam Soe versi “Pembuat
Gitar” merupakan salah satu iklan simbolik yang menggunakan simbol-simbol
yang memiliki makna tertentu. Tanda dan simbol yang terkandung di dalam iklan
komersil suatu korporat akan memberikan makna-makna yang beragam, termasuk
di dalamnya mengenai hubungan sosial yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Sehingga, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana makna yang terdapat
dalam Iklan rokok Dji Sam Soe versi “Pembuat Gitar” pada Media Televisi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian interpretatif kualitatif dengan
menggunakan Analisis semiotik. Analisis Semiotik adalah ilmu yang mengkaji
peran tanda dan simbol yang menjelaskan bagaimana tanda disusun dan
bagaimana tanda dapat menghasilkan beragam makna. Melalui metode ini, penulis
dapat menjabarkan simbol dan tanda-tanda yang terdapat dalam Iklan rokok Dji
Sam Soe versi “Pembuat Gitar” pada media televisi menjadi sebuah makna dalam
iklan. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran mengenai konsep
semiotik untuk mengetahui makna yang terdapat dalam Iklan rokok Dji Sam Soe
versi “Pembuat Gitar” pada media televisi. Semua data tersebut sebelumnya
dikonfirmasikan dengan pihak-pihak yang berhubungan dalam penelitian ini
melalui teknik validitas data sembilan formula yang akan memperkuat penafsiran.
Berdasarkan penelitian dan setelah melalui proses analisis yang
menganalisis keseluruhan paket simbol yang terdapat dalam iklan ini, maka dapat
terlihat bahwa pihak komunikator di sini yaitu Dji Sam Soe mempunyai maksud
dan tujuan tentang makna pesan yang ingin disampaikan. Pemilihan setting
tempat di ladang tembakau mewakili unsur kesederhanaan dan kegigiha
Advertisement has a trend to mean a reality of social relationship of
community that is a symbolization of a corporate that positions its product in the
community. “Guitar Maker” Dji Sam Soe advertisement version is one of
symbolic advertisement using symbols that has certain mean. The sign and
symbols included in the commercial advertisement of a corporate will give
various mean, including a mean about social relationship and the value owned by
the corporate. Therefore, the author is interested to determine the meaning in the
“Guitar Maker” Dji Sam Soe advertisement version in television media.
This study used qualitative interpretative research method using semiotic
analysis. Semiotic analysis was a science that examined the role of sign and
symbol explaining how the sign was arranged and how the sign could produce
various mean. By this method, the author could explain the symbol and sign in
“Guitar Maker” Dji Sam Soe advertisement version in television media as a
meaning in an advertisement. The result of study was analyzed based on the
thought about semiotic concept to determine the meaning in “Guitar Maker” Dji
Sam Soe advertisement version in television media. All data was previously
confirmed with related parties in this study by data validity technique of nine
formulas that would strengthen the analysis.
Based on the result of research and through analysis process that analyze
all symbolic package included in this advertisement, it can be seen here that the
communicator is Dji Sam Soe has the sole purpose of the meaning of the message.
The selection of a place setting in the tobacco fields represent the elements of
simplicity and tenacity.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 07:30 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 07:30 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |