HERWANTO, ERI (2012) ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK CELANA JEANS LEVI’S DAN LEE COOPER ( Studi pada Mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta ). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen untuk membeli celana jeans serta untuk membandingkan persepsi kualitas produk celana jeans Levi's dan Lee Cooper. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan data primer sebagai sumber data. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Populasi yang diambil adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Cochran Q Test dan Perceived Quality. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa ada delapan atribut yang diperoleh. Hasil uji Cocran. Uji Cocran diperoleh X2 hitung sebesar 10,595 lebih kecil dari X2 tabel sebesar 15,51, maka Ho diterima, yang artinya jawaban “ya” untuk 8 atribut adalah sama, sehingga diperoleh 8 butir pertanyaan yang dipertimbangkan oleh konsumen untuk membeli celana jeans merek Levi’s dan Lee Cooper. Delapan atribut tersebut yaitu model, kenyamanan, merek, harga, bahan keawetan, warna dan jahitan, hasil Uji Validitas menunjukan bahwa seluruh item pertanyaan yang terdiri dari masing-masing 8 butir pernyataan yang lolos uji Cochran dapan dinyatakan valid, karena p value lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian seluruh butir pernyataan dapat digunakan untuk mengukur data secara tepat. Uji Reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai koefisien Alpha Crobach > 0,6. Maka semua butir pernyataan dalam variable penelitian adalah handal. Sehingga butir-butir pernyataan dalam variable penelitian dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya, Hasil perhitungan metode Perceived Quality yang dilakukan dengan mengukur skor total performans dan tingkat kepentingan menunjukkan bahwa total PQ (performans relatif) untuk jeans Levi’s dan Lee copper tidak memiliki perbedaan yang besar, yaitu sebesar 1.013 atau 1% untuk jeas Levis dan sebesar 0.987 atau 0.9% untuk jeans Lee Copper. Bedasarkan hasil penelitian diketahui konsumen terhadap kualitas produk celana jeans Levi’s rata-rata lebih baik daripada celana jeans Lee Copper. Setelah mengetahui nilai Perceived Quality dari setiap celana jeans untuk masing-masing atribut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 21 Nov 2016 06:22 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 06:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9124 |
Actions (login required)
View Item |