TRIMARDIANTO, WIDDY (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENYIARAN RADIO GERONIMO FM JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN AUDIENCE ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Radio Geronimo FM Jogja ). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (29kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
Radio Geronimo FM merupakan salah satu radio yang sudah lama berdiri di
kota Yogyakarta. Sebagai radio yang sudah lama berdiri radio Geronimo FM
Jogja dituntut untuk mempertahankan audience dengan persaingan yang ketat
seiring munculnya radio – radio baru. Salah satu strategi yang dilakukan oleh
radio Geronimo FM Jogja dalam mempertahankan audience adalah dengan
melakukan manajemen penyiaran. Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi
manajemen penyiaran radio Geronimo FM Jogja dalam mempertahankan
audience mulai dari tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Metode yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif yaitu mengamati fenomena yang dialami oleh subyek
penelitian, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi yang mendalam dengan pihak Radio Geronimo FM
Jogja. Subjek penelitian adalah divisi Marketing Radio Geronimo FM Jogja, divisi
Program Radio Geronimo FM Jogja, dan pendengar atau audience radio
Geronimo FM Jogja. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep
manajmen penyiaran menurut Wahyudi, yaitu manajemen penyiaran dapat
diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mempengaruhi atau memanfaatkan
kepandaian atau keterampilan orang lain, untuk merencanakan memproduksi, dan
menyiarkan siaran, dalam usaha mencapai tujuan bersama. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi manajemen penyiaran radio Geronimo FM
Jogja dalam mempertahankan audience terbagi dalam empat proses, tahap
perencanaan (planning) yang dilakukan oleh Radio Geronimo FM Jogja berupa
pencarian ide materi siaran, penetapan penyiar sampai penentuan pendengar,
tahap pengorganisasian (organizing) yang dilakukan berupa pembagian job
description yang sesuai dengan keahlian sumber daya yang ada, pada tahap
pengarahan atau memberikan pengaruh (directing / influencing) yang dilakukan
oleh general manager mengarahkan karyawan untuk melaksanakan tanggung
jawab mereka dengan memberikan motivasi agar tercipta hasil yang diharapkan,
pengawasan (controlling) general manager dari Radio Geronimo FM Jogja
mengawasi setiap program acara yang disiarkan serta melakukan evaluasi pada
setiap program – program acara yang sudah disiarkan.
Geronimo FM Radio Jogja is one of radio's long-standing in the city of
Yogyakarta. As a long-standing Geronimo FM radio Jogja required to maintain
the audience with intense competition with the rise of the new radio’s. One of the
strategies undertaken by Geronimo FM radio Jogja in maintaining the audience is
to do broadcast management. This study examines the implementation of
Geronimo FM radio Jogja broadcasting management in a maintaining audience
from the planning stage (planning), organizing (organizing), implementation
(actuating), and monitoring (controlling). The method used is descriptive
qualitative observed phenomena experienced by the study subjects, the data
collection techniques used was interviews, observation, and in-depth
documentation with the Geronimo FM Radio Jogja. Research subject is a
marketing division of Geronimo FM Radio Jogja. The concepts used in this study
is management concept of broadcast by JB Wahyudi , namely broadcast
management can be defined as ability of a person to influence or utilize other
people's cleverness or skills, to plan production, and to broadcast, in an effort to
achieve a common goal. The results showed that the implementation of Geronimo
FM radio Jogja of broadcasting management in maintaining the audience are
divided into four processes, planning stages (planning) is done by Geronimo FM
Radio Jogja search form ideas broadcast material, the determination of the
broadcaster until the determination of the audience, the stage of organizing
(organizing) a distribution made in accordance with the job description expertise
of existing resources, the stage direction or influence (directing / Influencing)
conducted by general manager mengarakan employees to carry out their
responsibilities by providing the motivation to create the expected results,
monitoring (controlling) the general manager of Geronimo FM Radio Jogja
watching every program broadcast event and do an evaluation of each program -
programs that have been broadcast.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:02 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:02 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |