RESA JULIAN KAMU, ALDI (2013) ANALISIS ISI LAYOUT IKLAN KOSMETIK PADA MALAJAH FEMALE PERIODE BULAN JULI - DESEMBER 2011. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembuatan iklan di media cetak, layout penting untuk diperhatikan.
Sebuah layout bagi iklan dapat dibandingkan dengan cetak biru sebuah rumah atau
bangunan. Sebuah layout yang baik mampu membuat pembacanya menilai produk yang
ditawarkan merupakan produk yang bagus, dan bukan iklannya yang bagus. Salah satu
cara untuk menarik perhatian pembaca agar menghentikan sejenak kedua matanya dan
mengamati iklan adalah dengan menciptakan layout. Female merupakan majalah wanita
yang cocok untuk mengiklankan produk - produk seperti, kosmetik, pakaian, aksesoris,
dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isi layout yang
digunakan pada majalah Female. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kuantitatif tipe deskriptif dengan analisis isi. Analisis isi adalah penelitian yang
bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam
media massa. Analisis isi berusaha memahami data bukan sebagai kumpulan peristiwa
fisik, tetapi sebagai gejala simbolik untuk mengungkap makna yang ada dalam sebuah
teks, dan memperoleh pemahaman terhadap pesan yang direpresentasikan. Teks dapat
berupa kata-kata, makna gambar, simbol, gagasan, tema dan bermacam bentuk pesan
yang dapat dikomunikasikan. Pada penelitian ini ada penemuan yang menarik yaitu iklan
yang dimuat pada majalah Female bentuk iklannya adalah kategori informative
advertising karena bentuk iklan ini lebih menarik sehingga setiap pembaca ingin
mengetahui bagaimana penjelasan mengenai produk yang diiklankan itu. Dari segi
desainnya banyak menggunakan kategori the law of balance karena sebagian besar
iklannya mengedepankan ilustrasi gambar, karena desain ini tidak membuat pembacanya
bosan dengan isi iklan yang banyak menggunakan tulisan. Penggunaan tipe layout nya
banyak memakai picture window karena sebagian besar iklan kosmetik di majalah
Female lebih banyak diisi oleh ilustrasi visual dari iklan suatu produk yang efektif dan
efisien sehingga bisa meyakinkan dan memotivasi pembaca untuk bertindak. Bentuk
format iklannya sendiri banyak menggunakan jenis the one linear karena mengutamakan
headline dan visualisasi yang besar dan menarik sehingga dibuat besar. Kedua elemen
itulah yang pertama kali dilihat oleh pembaca. Jenis typeface rata-rata memakai san serif
karena jenis huruf ini efektif sekali karena tingkat keterbacaannya tinggi, dan tulisan
dibuat besar, membuat tulisan ini langsung terbaca walau pembaca tidak memperhatikan
iklan ini secara seksama.
In advertisement making in printed media, it is important to notice about layout.
For an advertisement, a layout can be compared as a blueprint for a house or a building.
A good layout will attract readers to consider that the product offered is a good one,
rather than to think that it is a good commercial. One way to attract readers’ attention to
stop their eyes and notice an advertisement is to create a layout. Female is a women’s
magazine which is suitable to ad products such as cosmetics, wardrobes, accessories, and
so on. The objective of this research is to figure out layout content used in Female
magazine. This paper uses a quantitative method with descriptive type and content
analysis. Content analysis is a research which is based on in-depth discussion through
content of a written or printed information in a mass media. Content analysis attempts to
comprehend data as symbolic signs to uncover meaning in a text and achieve
understanding through message represented, rather than only a collection of physical
events. Texts can be in form of words, meaning of pictures, symbols, ideas, themes and
various forms of messages that can be communicated. In this research, there is an
interesting finding, i.e. the form of advertisement printed in Female magazine is
categorized as informative advertising, because this form of advertisement is more
interesting. Therefore, every reader wants to know more about the product explanation
advertised. Talking about design, Female uses law of balance category because most of
their commercials put forward pictures illustration. This kind of design will not make
their readers bored, compared to commercials which used texts more. The layout type
uses picture window more because most of cosmetics commercials in Female magazine
are filled with visual illustration of a product commercial, used effectively and
efficiently, to convince and motivate readers to take an action. The commercial form
itself uses one linear type since it prioritizes huge and interesting headline and
visualization, therefore it is printed big. Both elements are the first thing to see by
readers. Usually, typeface font used is san serif, because this kind of font is very effective
since its reading rate is high. This font is printed big and bold, which makes this writing
is read directly, although readers do not notice the commercial carefully.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:32 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:32 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |