HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

TIDAR NUGROHO HADI, REZZA (2014) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM BIMBINGAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Image
pengesahan2.jpg

Download (696kB) | Preview

Abstract

Bimbingan konseling atau (BK) di sekolah terasa sekali manfaatnya bagi siswa. Hal ini salah satunya didorong oleh beragam problem, permasalahan dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efektivitas komunikasi antarpribadi dalam bimbingan konseling terhadap motivasi belajar siswa. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Teori Stimulus-Organisme-Respons (S-O-R). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 246 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Spearman Rank. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi antarpribadi siswa dan guru bimbingan konseling terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara efektivitas komunikasi antarpribadi dalam bimbingan dan konseling (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,458. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara efektivitas komunikasi antarpribadi siswa dan guru bimbingan konseling sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan kategori sedang. Peneliti menyarankan selain komunikasi antarpribadi dalam bimbingan konseling, guru bisa mengarahkan siswa agar meningkatkan motivasi dalam belajar dengan mengikutkan siswa dalam kompetisi diluar sekolah, mengikuti bimbingan belajar, dan pelatihan-pelatihan soal, agar siswa lebih produktif untuk meningkatkan kemampuannya dan mengembangkan prestasi belajar. Kata Kunci : efektivitas komunikasi antarpribadi, bimbingan konseling, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:03
Last Modified: 16 Nov 2016 04:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item View Item