Heppy Hutomi, Kelvin (2015) DIVERSIFIKASI PRODUK BATIK PADA BISNIS STRAP GITAR DAN BASS MEREK IRO DESIGNED. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Abstraksi.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Gitar merupakan salah satu produk alat musik yang paling laku dijual.
Pada penggunaanya gitar selalu dilengkapi dengan strap agar gitar dapat dipakai
secara maksimal. Selama ini strap yang ada hanya berupa motif polos tribal yang
tidak mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Dengan keinginan melestarikan
budaya dan peluang bisnis yang besar, penulis ingin memasukan ciri khas budaya
Indonesia yaitu batik dengan membuat strap gitar dan bass bermotifkan batik. Ide
tersebut tertuang secara jelas dalam bisnis plan dengan judul “Diversifikasi
Produk Batik Pada Bisnis Strap Gitar dan Bass Merek IRO designed”.
Bisnis ini dilaksanakan di Kabupaten Sleman tepatnya di jalan Kapten
Haryadi no.9b Iropaten, Triharjo, Sleman. Bahan utama yang digunakan adalah
kain batik, bahan strap, stopper, holder, dan vinyil. Dibutuhkan 2 mesin jahit
untuk menjahit vinyil dan menjahit kain karena mesin jahit biasa tidak mempan
digunakan untuk menjahit vinyil. Selama 2,5 bulan implementasi, IRO designed
berhasil memproduksi 127 strap. Dari 127 strap yang berhasil diproduksi, 54 strap
berhasil terjual. Sebagian besar penjualan didapat melalui penjualan langsung
dengan media online sebagai sarana informasi utama IRO designed. Forum jualbeli
Kaskus mencatat ada sekitar 4000 pengunjung pada halaman iklan IRO
designed. Hal itu menunjukan sikap ketertarikan yang tinggi pada produk IRO
designed tetapi dengan jumlah penjualan yang hanya 54 strap dapat diperkirakan
produk yang ditawarkan IRO designed belum mampu memnuhi kebutuhan dari
4000 pengunjung tersebut.
Pada sektor produksi, jumlah produk yang dihasilkan jauh dari
perencanaan membuat laba yang diperoleh IRO designed kurang maksimal.
Walaupun hubungan jumlah produksi dan jumlah penjualan tidak selalu positif
tetapi jika stock produk tercukupi maka penulis akan terus mencari cara
mempromosikan produk tersebut. Maka dari itu rencana selanjutnya penulis akan
meningkatkan jumlah produksi dengan varian yang lebih beragam agar produk
IRO designed dapat diterima oleh seluruh lapisan musisi tanah air. Selain itu,
pemasaran pada era global ini membuat penulis ingin memasarkan produknya ke
luar negeri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 04:43 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 04:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |