Puguh Santosa, Lukas (2014) EVALUASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI STRATEGI PERUSAHAAN (Studi Pada Program Peduli Bencana Merapi 2010 PT. Telekomunikasi Indonesia). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ringkasan.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Program
Telkom Peduli Bencana Merapi 2010 sudah terlaksana sesuai dengan tujuan
perusahaan. PT. Telekomunikasi Indonesia memiliki visi CSR sebagai pelopor
dalam penerapan tanggung jawab sosial di Asia. Dengan visi demikian tentu saja
PT. Telekomunikasi Indonesia harus benar-benar serius dalam penerapan
program-program CSR-nya.
Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan cara
mengevaluasi program CSR Peduli Merapi yang dilaksanakan oleh PT.
Telekomunikasi Indonesia di Desa Umbulharho, Kecamatan Cangkringan.
Menggunakan Evaluasi Model Provus untuk melaksanakan evaluasi program
tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi dengan
pendekatan kualitatif, maka penelitian ini menggunakan teknik sampling yang
bersifat purposive. Informan yang digunakan adalah Kepala Community
Development Center Kantor Telkom Pusat, Kepala Community Development
Center Kantor Telkom Area dan warga Desa Umbulharjo. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan
dengan pedoman wawancara. Uji keabsahan dalam penelitian ini dengan
menggunakan trianggulasi sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara
mereduksi data, menyajikan dan menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa program Telkom Peduli Bencana
Merapi sebagai strategi perusahaan berjalan sesuai tujuan dan rencana yang telah
dibuat perusahaann, namun masih belum optimal karena terdapat keluhan atas
program yang diberikan oleh perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan untuk kedepannya PT.
Telekomunikasi Indonesia mampu memilih pihak ketiga yang tepat untuk
mempercayakan program CSR perusahaan kepada pihak ketiga tersebut, serta
melakukan monitoring pada implementasi program yang dilaksanakan oleh pihak
ketiga dan juga melakukan evaluasi pada setiap program yang dilaksanakan, baik
program yang bersifat profit orientied maupun yang bersifat sukarela.
Kata Kunci : Evaluasi, CSR, Strategi Perusahaan, PT. Telekomunikasi Indones
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 04:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 04:40 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |