STRATEGI PEMERINTAH JEPANG DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA PASCA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI TAHUN 2011

ANANDA, DIASTIKA (2014) STRATEGI PEMERINTAH JEPANG DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA PASCA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI TAHUN 2011. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini banyak negara di dunia yang mengedepankan sektor pariwisata demi kesejahteraan rakyatnya, salah satunya adalah Jepang. Sektor ini memberikan banyak kontribusi positif bagi jepang, termasuk pendapatan devisa negara, pemerataan pembangunan, hingga perluasan lapangan pekerjaan. Menjadi hal yang rumit untuk menjaga keberlangsungan dari hal tersebut. Peristiwa seperti krisis dan bencana alam dapat mengguncang kestabilan sektor tersebut kapan saja, tanpa diprediksi. Seperti yang dialami Jepang pada tahun 2011 lalu dimana terjadi bencana gempa bumi dan tsunami sehingga mengakibatkan sektor pariwisata mengalami ketidakstabilan. Barulah kinerja pemerintah dipertanyakan, pemerintah dapat memaksa dan pemerintah dapat membuat suatu kebijakan. Hal tersebut yang menjadi alasan utama mengapa sektor pariwisata Jepang membutuhkan peranan pemerintah. Terbukti bahwa peranan pemerintah dalam memulihkan sektor pariwisata sangat besar. Pemerintah Jepang telah sukses dalam mengembalikan jumlah devisa negara yang sempat turun pada tahun 2011 dan berhasil dalam mendatangkan banyak wisatawan asing untuk kembali berkunjung setelah terjadinya bencana tersebut. Ini semua dilakukan pemerintah demi kesejahteraan masyarakat serta dalam tujuan menjaga eksistensi negara dalam dunia internasional. Kata kunci: strategi, pemerintah, Jepang, sektor pariwisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 13 Oct 2016 08:07
Last Modified: 13 Oct 2016 08:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7649

Actions (login required)

View Item View Item