“STRATEGI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS SEPEDA FIXEDGEAR DALAM MEMPEROLEH ANGGOTA” (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas Cycle bandidos)

DANARIANSARI, ELLIN (2016) “STRATEGI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS SEPEDA FIXEDGEAR DALAM MEMPEROLEH ANGGOTA” (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas Cycle bandidos). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian yang berjudu l “Strategi Komunikasi Pada Komunitas Sepeda Fixed Gear Dalam Memperoleh Anggota (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas Cyclebandidos)”, bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi kelompok yang digunakan Komunitas Cyclebandidos, untuk mengetahui strategi k omunikasi yang dilakukan Komunitas Cyclebandidos dalam memperoleh anggota, untuk mengetahui faktor pendukung dan hambatan komunikasi kelompok pada komunitas Cyclebandidos. Tipe penelitian adalah kualitatif eksploratif. Sumber data yang digunakan adalah sum ber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penelusuran data online. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada Pemimpin, Admin, dan 3 anggota dari Komunitas Cyclebandidos. Berdasarkan hasil penelitian y ang diperoleh dari wawancara dengan semua nara sumber, menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan Komunitas Cyclebandidos ada tiga yaitu pola komunikasi vertikal, pola komunikasi horisontal, dan pola komunikasi informal. Sedangkan dalam memperoleh an ggota, Komunitas Cyclebandidos telah menerapkan strategi komunikasi melalui tahapan planning , implementation , dan evaluations . Pada tahap planning , Komunitas Cyclebandidos menentukan siapa yang menjadi komunikator dan pesan seperti apa yang disampaikan, me nentukan target audience, serta rancangan kegiatan komunikasi yang akan dilakukan, dan media apa saja yang akan digunakan. Tahap implementation , pada tahap ini Komunitas Cyclebandidos melaksanakan kegiatan komunikasi yang telah direncanakan yaitu bersepeda , mengadakan dan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan sepeda fixed gear , dan publikasi online terhadap segala bentuk kegiatan Komunitas Cyclebandidos. Tahap terakhir yaitu evaluations . Pada tahap ini Komunitas Cyclebandidos melakukan evaluasi terhada p pelaksanaan semua kegiatan komunikasi Komunitas Cyclebandidos melalui pertemuan. Saat pelaksanaan tahapan strategi komunikasi Komunitas Cyclebandidos tidak menemui hambatan yang berarti karena selama pelaksanaan semua kegiatan, Komunitas Cyclebandidos me mperoleh banyak dukungan dari berbagai pihak. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Komunitas Cyclebandidos dalam memperoleh anggota sudah cukup efektif, hal ini dapat dilihat dari jumlah anggota yang sem akin bertambah dan respon positif yang diberikan oleh masyarakat luas terhadap kehadiran dari Komunitas Cyclebandidos. xiii ABSTRACT Study entitled “Communication Strategy on fixed gear community in gaining members (description qualitative study of Cycleb a ndidos com m unity)” aims to determine the communication patterns used by community groups of Cyclebandidos, to know the community's communications strategy in gaining members, to know the supporting factors and barriers to group communication on CycleBandid os community. This type of qualitative research is exploratory. data sources used are primary and secondary. Collection technique using interviews, observation, and search online sources. Data obtained from interviews to the leader, administrator, and thre e members of the community. Based on research results obtained from all sources, suggesting that the patterns of communicat ion used by Cycleb andidos community, there are three kinds, namely the pattern of vertical communication, horizontal communication pa tterns, patterns of informal communication. While in gaining members, Cycleb andidos com m unity have implemented communication strategies through the stages of planning, implementation, and evaluati on. At the planning stage Cycleb andidos com m unity determine who the communicator and what the message delivered, the target audience, as well as the design of communication activities to be conducted, and any media that will be used. At the implementation stage Cycleb andidos com m unity implement communication activi ties that have been planned such as cycling, holding and follow the activities associated with the bike fixed gear, and online publications o n all forms of activities Cycleb andidos community. The final stage is evalu ation which at this stage Cycleb andidos com m unity evaluating all of the implementation of communication acti vities via a meeting with Cycleb andidos community member. At the implementation stage of t he communication strategy Cycleb andidos com m unity did not encounter significant obstacles because during the execution of all activities of the com m unity support from various parties. From these results the authors concluded that communi cation strategies that do Cycleb andidos community in gaining members is quite effective, this can be seen from the nu mber of members grew and the positive response given the wider community a gainst community presence Cycleb andidos.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:32
Last Modified: 30 Sep 2016 07:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item