ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Batik Dewi Kunthi Sleman Yogyakarta)

WAHYU AHDANIANTO, EKO (2016) ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Batik Dewi Kunthi Sleman Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak PDF.pdf]
Preview
Text
Abstrak PDF.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Cover PDF.pdf]
Preview
Text
Cover PDF.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Daftar isi  PDF.pdf]
Preview
Text
Daftar isi PDF.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan PDF.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh inovasi produk dan harga
terhadap keputusan pembelian konsumen Batik Dewi Kunthi secara simultan maupun secara
parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi
produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen Batik Dewi Kunthi secara simultan
maupun secara parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Batik Dewi Kunthi yang tersebar di
tempat produksi dan show room Batik Dewi Kunthi. Teknik penarikan sampel yang digunakan
adalah teknik sampling purposive. Dengan menggunakan rumus Rao Purba, sehingga didapatkan
ukuran sampel 96 responden. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan
signifikan inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen Batik Dewi
Kunthi. Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis
inferensial. Dalam analisis inferensial menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda,
uji Hipotesis dan uji koefisien determinan (R
2
).
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh inovasi produk dan harga secara simultan
terhadap keputusan pembelian konsumen Batik Dewi Kunthi. Hal ini dibuktikan dengan hasil
pengujian hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh nilai F hitung = 21,326 > F tabel = 3,094
dan signifikansi = 0,000 < 0,05 ini berarti variabel independen inovasi produk dan harga secara
simultan benar-benar berpengaruh terhadap variable dependen keputusan pembelian konsumen.
Pada hasil analisis ragresi linier berganda menunjukkan bahwa inovasi produk dan harga
memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Batik Dewi Kunthi yaitu
sebesar Y = 1,593 + 0,233 X1 + 0,431 X2, ini berarti setiap terjadi kenaikan variable inovasi
produk dan harga maka variable keputusan pembelian konsumen Batik Dewi Kunthi akan
mengalami kenaikan secara searah. Hasil uji koefisien determinan (R
2
) sehingga diperoleh nilai
Adjusted R
2
sebesar 0,300 atau 30,0% ini berarti variabel bebas inovasi produk dan harga secara
bersama-sama mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian konsumen Batik Dewi
Kunthi sebesar 30,0% dan sisanya 70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam
penelitian ini, dan pengaruh secara parsial dapat dibuktikan dengan hasil nilai t hitung inovasi
produk > t table ( 3,060 > 1,986 ) dengan signifikansi 0,003 < 0,05 dan nilai t hitung harga > t
table ( 4,952 > 1,986 ) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat dijelaskan
bahwa hasil pengujian tersebut menolak Ho dan menerima Ha sehingga hipotesis yang
menyatakan ada pengaruh signifikan inovasi produk dan harga secara parsial terhadap keputusan
pembelian dapat diterima.
Saran dalam penelitian ini adalah Batik Dewi Kunthi selalu memperhatikan penetapan
harga yang ditawarkan karena signifikansi harga lebih besar dari inovasi produk sehingga harga
sangat sensitive terhadap terjadinya keputusan pembelian konsumen. Batik Dewi Kunthi juga
harus memperhatikan factor selain inovasi produk dan harga karena pengaruh yang diperoleh
hanya sebesar 30% dalam hal ini peneliti memberi saran agar Batik Dewi Kunthi meningkatkan
promosinya dengan memanfaatkan media sosial dan membuka outlet baru agar pasar penjualan
semakin luas dan persentase keputusan pembelian konsumen meningkat. Kata Kunci : keputusan
pembelian, inovasi produk, dan harga

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Sep 2016 03:10
Last Modified: 13 Sep 2016 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6160

Actions (login required)

View Item View Item