Satrio Nugroho, Adi (2015) PENGEMBANGAN SUSTAINABILITY INDEX UNTUK INSTITUSI PENDIDIKAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Pembangunan berkelanjutan merupakan isu yang banyak dibahas di berbagai negara. Penelitian mengenai pembangunan berkelanjutan khususnya di dunia pendidikan sudah banyak dilakukan. Penelitian hanya sebatas menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembangunan berkelanjutan, belum secara spesifik mengukur keberlanjutan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan indeks yang akan digunakan untuk mengukur keberlanjutan di sebuah institusi pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Pengembangan indeks menggunakan konsep dasar produktivitas. Input dan output yang akan digunakan dalam pengukuran mengakomodir tiga pilar keberlanjutan yaitu sosial, ekonomi, dan lingkungan. Parameter yang digunakan mengacu pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan Times Higher Education sebagai lembaga yang biasa menilai sebuah institusi pendidikan. Hasil pengembangan yang dilakukan menggunakan konsep dasar produktivitas yang mengakomodir tiga pilar keberlanjutan dalam parameter yang akan diukur. Hasil pengembangan indeks kemudian diujicobakan pada Prodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Ujicoba indeks adalah sebagai bentuk validasi dari pengembangan yang sudah dilakukan. Hasil pengukuran dari pengembangan indeks yang dilakukan adalah sebesar 0,17. Kata kunci: pembangunan berkelanjutan, indeks, institusi pendidikan Sustainable developement is an issue that widely discussed in many countries. A lof of preliminary research has been done, especially for education area. The research was limited to analyze the factor that influence to sustainable development, not specifically measure about sustainability. The aim of this research is to develop an index that will be used to measure sustainability in an edcational institution, especially higher education. Index developed by using productivity concept. Input and output that will be used in the measurement, accommodate the three pillars of sustainable development, social, economic, and environmental. The parameters used refer to Badan Akreditasi Nasional Peguruan Tinggi (BAN-PT), and Times Higher Education as an ordinary institution to assesess an educational instituion. The results of this reseacrh is index accomodates the three pillars of sustainable development using productivity concept. Then tested in Program Studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta. Trial index as a part of validation of index. The results indicate that value from index is 0.17. Keywords: Susutainable development, index, educational institution
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 07:51 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5682 |
Actions (login required)
View Item |