MUFIDA ALFIANA RAMADHANI, . (2025) STRATEGI PEMASARAN PRODUK MELINJO PARTIES PADA UMKM MR. ONE CAKE & COOKIES DI KAPANEWON BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
Cover_135210027.pdf Download (193kB) |
|
|
Text
Abstrak_135210027.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan_135210027.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Daftar Isi_135210027.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_135210027.pdf Download (179kB) |
|
|
Text
Fulltext_135210027.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menganalisis faktor internal dan eksternal, (2) menganalisis alternatif strategi pemasaran, dan (3) menganalisis prioritas strategi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden dilakukan dengan purposive sampling. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE), SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan internal berupa produk unik dan inovatif, sertifikasi P-IRT dan halal, distribusi luas, kualitas konsisten, dan harga kompetitif, serta kelemahan berupa promosi dan branding yang kurang optimal dan belum adanya sarana penjualan fisik mandiri. Peluang eksternal mencakup dukungan program pemerintah, perkembangan platform digital, potensi pasar wisata Yogyakarta, dan minat masyarakat terhadap produk tradisional, sedangkan ancaman meliputi persaingan, ketergantungan musim wisata, dan perubahan regulasi. Berdasarkan analisis QSPM, strategi prioritas adalah mengoptimalkan pengembangan produk turunan berbahan lokal dan promosi digital untuk meningkatkan jangkauan pasar dan daya tarik produk.
Kata kunci: bauran pemasaran, strategi pemasaran, SWOT, UMKM, QSPM
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | MUFIDA ALFIANA RAMADHANI (Penulis - 135210027) INDAH WIDOWATI (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | marketing mix, marketing strategy, SWOT, UMKM, QSPM |
| Subjek: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:29 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:29 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
