Ahmad Ikhwan Muzadi, . (2025) PENGEMBANGAN GAME “PROKLAMASI: JEJAK KEMERDEKAAN” MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
1_Cover_123190105.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_123190105.pdf Download (173kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_123190105.pdf Download (296kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_123190105.pdf Download (191kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_123190105.pdf Download (140kB) |
|
|
Text
6_Skripsi_Fulltext_123190105.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan game “Proklamasi: Jejak Kemerdekaan” bertujuan untuk menghasilkan sebuah game 2D adventure bertema sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Metode GDLC diterapkan melalui tahapan inisiasi, pre-production, production, dan testing dengan Game Design Document (GDD) sebagai acuan utama dalam proses pengembangan. Game ini dirancang dengan mekanik pergerakan karakter, interaksi dengan NPC, sistem pengumpulan item, sistem objective, antarmuka pengguna (UI), serta kondisi kemenangan sebagai penanda penyelesaian permainan.
Hasil implementasi menunjukkan bahwa seluruh fitur utama yang dirancang pada GDD berhasil diimplementasikan ke dalam game. Secara kuantitatif, dari total delapan fitur utama yang dirancang, seluruhnya berhasil direalisasikan dengan tingkat ketercapaian implementasi sebesar 100%. Selanjutnya, dilakukan pengujian alpha untuk menguji fungsionalitas sistem permainan. Pengujian alpha dilakukan terhadap sepuluh skenario pengujian yang mencakup mekanik gameplay inti dan alur permainan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh skenario pengujian berhasil dijalankan tanpa ditemukan kesalahan fungsional utama, sehingga tingkat keberhasilan pengujian alpha mencapai 100%.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa game “Proklamasi: Jejak Kemerdekaan” telah berhasil dikembangkan sesuai dengan rancangan pada GDD dan memiliki sistem gameplay yang berjalan secara stabil dan fungsional. Penerapan metode GDLC pada pengembangan game ini terbukti efektif dalam menghasilkan game 2D adventure yang sesuai dengan perencanaan dan siap untuk dilanjutkan ke tahap pengujian atau pengembangan selanjutnya.
Kata Kunci: Sejarah Proklamasi Kemerdekaan, GDLC, Unity, game 2D adventure
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Ahmad Ikhwan Muzadi (Penulis - 123190105) Heru Cahya Rustamaji (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Sejarah Proklamasi Kemerdekaan, GDLC, Unity, game 2D adventure |
| Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
| Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Informatika |
| Depositing User: | Indah Lestari |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 08:24 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 08:24 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
