Irma Hanifatun Nafi'ah, . (2025) Kebijakan Re-Nation Branding Korea Selatan Pasca Skandal Burning Sun. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
This is the latest version of this item.
|
Text
1_Cover_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf Download (117kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf Download (164kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf Download (66kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf Download (211kB) |
|
|
Text
6_Fulltext_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis kebijakan re-nation branding Korea Selatan 2019-2023 atas respon terhadap krisis reputasi yang dipicu skandal Burning Sun. Skandal telah merusak citra Korea Selatan yang disokong Korean Wave dengan mengungkap korupsi sistemik, kolusi aparat, dan budaya misoginis. Menggunakan kerangka place branding dan competitive identity, penelitian menemukan bahwa pemerintah menerapkan strategi ganda yang berfokus pada reformasi kebijakan dan pemanfaatan aset budaya sebagai pelindung citra. Hasilnya dualitas, satu sisi pemerintah berhasil merespon tekanan publik dengan reformasi hukum pada pilar masyarakat dan mengalihkan narasi negatif melalui kampanye pariwisata Feel the Rhythm of Korea. Sisi lain, tindakan pada pilar kebijakan dengan pendirian CIO dan budaya dengan perlindungan idola cenderung simbolis dan gagal menyentuh permasalahan struktural. Akibatnya, meskipun citra eksternal menunjukkan resiliensi, kegagalan internal dalam mewujudkan tata kelola baik dan keadilan sosial menciptakan kesenjangan. Temuan ini membuktikan bahwa re-nation branding yang berfokus pada perbaikan eksternal akan tetap rentan tanpa disertai perubahan sistemik.
Kata kunci: re-nation branding, skandal burning sun, competitive identity, korean wave, kebijakan
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Irma Hanifatun Nafi'ah (151210087 - Penulis); Melaty Anggraini (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | re-nation branding, skandal burning sun, competitive identity, korean wave, kebijakan |
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Hubungan Internasional |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 06:55 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 06:55 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45565 |
Available Versions of this Item
-
Kebijakan Re-Nation Branding Korea Selatan Pasca Skandal Burning Sun. (deposited 19 Nov 2025 03:31)
- Kebijakan Re-Nation Branding Korea Selatan Pasca Skandal Burning Sun. (deposited 19 Nov 2025 06:55) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
