Kebijakan Re-Nation Branding Korea Selatan Pasca Skandal Burning Sun

Irma Hanifatun Nafi'ah, . (2025) Kebijakan Re-Nation Branding Korea Selatan Pasca Skandal Burning Sun. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of 1_Cover_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf] Text
1_Cover_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf] Text
2_Abstrak_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf] Text
4_Daftar Isi_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 6_Fulltext_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf] Text
6_Fulltext_151210087_Irma Hanifatun Nafi'ah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisis kebijakan re-nation branding Korea Selatan 2019-2023 atas respon terhadap krisis reputasi yang dipicu skandal Burning Sun. Skandal telah merusak citra Korea Selatan yang disokong Korean Wave dengan mengungkap korupsi sistemik, kolusi aparat, dan budaya misoginis. Menggunakan kerangka place branding dan competitive identity, penelitian menemukan bahwa pemerintah menerapkan strategi ganda yang berfokus pada reformasi kebijakan dan pemanfaatan aset budaya sebagai pelindung citra. Hasilnya dualitas, satu sisi pemerintah berhasil merespon tekanan publik dengan reformasi hukum pada pilar masyarakat dan mengalihkan narasi negatif melalui kampanye pariwisata Feel the Rhythm of Korea. Sisi lain, tindakan pada pilar kebijakan dengan pendirian CIO dan budaya dengan perlindungan idola cenderung simbolis dan gagal menyentuh permasalahan struktural. Akibatnya, meskipun citra eksternal menunjukkan resiliensi, kegagalan internal dalam mewujudkan tata kelola baik dan keadilan sosial menciptakan kesenjangan. Temuan ini membuktikan bahwa re-nation branding yang berfokus pada perbaikan eksternal akan tetap rentan tanpa disertai perubahan sistemik.

Kata kunci: re-nation branding, skandal burning sun, competitive identity, korean wave, kebijakan

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Irma Hanifatun Nafi'ah (151210087 - Penulis); Melaty Anggraini (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: re-nation branding, skandal burning sun, competitive identity, korean wave, kebijakan
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 19 Nov 2025 06:55
Last Modified: 19 Nov 2025 06:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45565

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item