Simarmata, Jessica Aurelie Maria (2025) PENGARUH USER EXPERIENCE WEBSITE WARDAH PERSONAL COLOR ANALYSIS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
|
Text
Abstrak_153210162_Jessica Aurelie Maria Simarmata.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
Cover_153210162_Jessica Aurelie Maria Simarmata.pdf Download (167kB) |
|
|
Text
Daftar Isi_153210162_Jessica Aurelie Maria Simarmata.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_153210162_Jessica Aurelie Maria Simarmata.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_153210162_Jessica Aurelie Maria Simarmata.pdf Download (145kB) |
|
|
Text
Skripsi Fulltext_153210162_Jessica Aurelie Maria Simarmata.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi khususnya hadirnya Artificial Intelligence (AI) membuka
peluang bagi brand kosmetik lokal Indonesia seperti Wardah sebagai strategi
pemasaran baru dalam upaya mempertahankan daya saing produknya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh User Experience website wardah Personal Color
Analysis terhadap kepuasan konsumen pada Generasi Z di Yogyakarta, dengan
menggunakan pendekatan Uses and Effects Theory. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 100 responden.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner menggunakan skala likert 1-5. Analisis
data mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, serta regresi linear
sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa user experience berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai koefisien determinasi
sebesar 76,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Penelitian ini menunjukkan bahwa aspek usability, valuable, Adoptability, Desirability
yang ditawarkan oleh website wardah personal color analysis berkontribusi positif
terhadap pembentukan kepuasan konsumen. Temuan dalam penlitian ini memperkuat
penerapan uses and effects theory, yang berasumsi bahwa penggunaan media dapat
menghasilkan efek terhadap individu. Dengan demikian, user experience tidak hanya
meningkatkan kepuasan konsumen, tetapi juga membentuk pengalaman konsumen
dalam hal personal color dan menentukan pilihan produk sebelum melakukan
pembelian yang didukung oleh Artificial Intelligence.
Kata kunci: User Experience, Artificial Intelligence, Personal Color Analysis,
Kepuasan Konsumen, Generasi Z.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | User Experience, Artificial Intelligence, Personal Color Analysis, Kepuasan Konsumen, Generasi Z. |
| Subjek: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Eko Yuli |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 01:09 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 01:09 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
