ANALISIS MEDIATISASI E-COMMERCE DALAM PRAKTIK COUNTERFEIT MERCHANDISE BAND LOKAL DI INDONESIA

Vazatresta, Tubagus Rafi (2025) ANALISIS MEDIATISASI E-COMMERCE DALAM PRAKTIK COUNTERFEIT MERCHANDISE BAND LOKAL DI INDONESIA. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Skripsi Full_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta (1).pdf] Text
1_Skripsi Full_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2_Cover_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf] Text
2_Cover_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf] Text
3_Abstrak_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf] Text
5_Daftar Isi_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_153210038_Tubagus Rafi Vazatresta.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana media digital, khususnya e-commerce dan media sosial, mempengaruhi persepsi otentisitas dalam konsumsi merchandise Band lokal di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi persepsi konsumen remaja di Kota Yogyakarta terhadap merchandise palsu Band lokal, dengan menggunakan teori Mediatization dari Nick Couldry (2013) sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital membentuk struktur persepsi yang mempengaruhi penilaian terhadap otentisitas, bukan hanya melalui tampilan visual, tetapi juga melalui sistem rating, algoritma pencarian, dan representasi yang terus-menerus. Keempat dimensi Mediatization media logic, mediatized practices, media as environment, dan normalization effect menunjukkan bagaimana media tidak hanya menjadi saluran distribusi, tetapi juga membentuk realitas sosial tentang apa yang dianggap sah dan otentik. Konsumen remaja tidak selalu menyadari perbedaan antara produk asli dan palsu karena keduanya hadir dalam bentuk visual yang serupa dan mudah diakses. Dalam beberapa kasus, resistensi terhadap logika media muncul dari konsumen yang memiliki idealisme tinggi. Penelitian ini menegaskan bahwa Mediatization telah menggeser makna otentisitas dalam konsumsi budaya populer, terutama dalam ruang digital seperti e-commerce.
Kata Kunci: Mediatization, E-commerce, Otentisitas, Merchandise Band Lokal, Counterfeit

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mediatization, E-commerce, Otentisitas, Merchandise Band Lokal, Counterfeit
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Nov 2025 04:31
Last Modified: 14 Nov 2025 04:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45461

Actions (login required)

View Item View Item