ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM ARENAM DI KABUPATEN BANTUL

OCTAVIANDA, CITRA LUTFI (2025) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM ARENAM DI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf] Text
1. Skripsi Full Text_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Cover_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf] Text
2. Cover_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf] Text
3. Abstrak_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf] Text
5. Daftar Isi_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_135210010_Citra Lutfi Octavianda.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk 1) menganalisis faktor internal dan eksternal yang
terdapat pada UMKM Arenam 2) menganalisis alternatif-alternatif strategi untuk
pengembangan usaha pada UMKM Arenam 3) menganalisis strategi terbaik untuk
pengembangan usaha pada UMKM Arenam. Metode penelitian menggunakan
deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengambilan data
responden secara purposive. Teknik analisis data dengan menggunakan matriks
IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor
internal UMKM Arenam kekuatan utama adalah memiliki legalitas usaha PIRT,
BPOM, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan bersertifikat halal, dan kelemahan
utama adalah skala produksi masih kecil. Faktor eksternal peluang utama adanya
kebijakan pemerintah yang mendukung UMKM, dan ancaman utama adalah
kurangnya kesadaran konsumen tentang Mocaf. 2) alternatif-alternatif strategi
UMKM Arenam meliputi strategi memanfaatkan feedback konsumen ke dalam
evaluasi mutu produksi secara berkala untuk perbaikan kualitas produk, strategi
mempertahankan dan meningkatkan standar kualitas produksi untuk
meningkatkan daya saing; serta strategi mengembangkan varian produk olahan
mocaf yang lebih inovatif dan bernilai tambah sesuai tren makanan sehat. 3)
keputusan strategi pengembangan usaha terbaik yaitu strategi mempertahankan
dan meningkatkan standar kualitas produksi untuk meningkatkan daya saing.

Kata kunci: UMKM, Mocaf, Strategi Pengembangan Usaha, SWOT, QSPM

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: UMKM, Mocaf, Strategi Pengembangan Usaha, SWOT, QSPM
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 14 Nov 2025 04:26
Last Modified: 14 Nov 2025 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45460

Actions (login required)

View Item View Item