PENGARUH TERPAAN KONTEN KAMPANYE #DIINDONESIAAJA PADA TIKTOK @PESONAINDONESIA TERHADAP MINAT BERWISATA (Studi pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur)

Lalita Soleha Permata Hati, . (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN KAMPANYE #DIINDONESIAAJA PADA TIKTOK @PESONAINDONESIA TERHADAP MINAT BERWISATA (Studi pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_154210098.pdf] Text
Cover_154210098.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Abstrak_154210098.pdf] Text
Abstrak_154210098.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_154210098.pdf] Text
Halaman Pengesahan_154210098.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Daftar Isi_154210098.pdf] Text
Daftar Isi_154210098.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_154210098.pdf] Text
Daftar Pustaka_154210098.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Fulltext_154210098.pdf] Text
Fulltext_154210098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Kampanye #DiIndonesiaAja merupakan upaya Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia. Tren pariwisata saat ini menunjukkan pergeseran signifikan ke arah digital, di mana wisatawan cenderung merencanakan perjalanan, pre-on-post journey, hampir seluruhnya dilakukan secara digital. TikTok menjadi platform yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain itu, pengguna di Indonesia menghabiskan waktu paling lama di TikTok setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan konten kampanye #DiIndonesiaAja pada TikTok @pesonaindonesia terhadap minat berwisata ke DPSP Borobudur, menggunakan teori Elaboration Likehood Model (ELM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan responden penelitian merupakan 204 pengikut akun TikTok @pesonaindonesia yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan konten kampanye #DiIndonesiaAja pada TikTok @pesonaindonesia berpengaruh terhadap minat berwisata ke DPSP Borobudur (T-statistics = 8,411; P-value 0,000), begitu pula dengan kualitas konten kampanye #DiIndonesiaAja pada TikTok @pesonaindonesia berpengaruh terhadap minat berwisata ke DPSP Borobudur (T-statistics 3,069; P-value 0,002). Kedua variabel secara simultan mampu menjelaskan sebesar 65,8% (R² = 0,658) variasi minat berwisata. Temuan ini menegaskan bahwa minat berwisata tidak hanya ditentukan oleh seberapa sering audiens terpapar konten, tetapi juga oleh kualitas konten yang disajikan. Penelitian ini memperlihatkan peran penting TikTok yang tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga menjadi alat yang populer serta efektif dalam memperkuat kampanye pariwisata digital untuk mendorong minat berwisata.

Kata kunci: Kampanye Pariwisata, Minat Berwisata, Media Sosial, TikTok, ELM

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Lalita Soleha Permata Hati (Penulis - 154210098) Yenni Sri Utami (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Pariwisata, Minat Berwisata, Media Sosial, TikTok, ELM
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 12 Nov 2025 01:25
Last Modified: 12 Nov 2025 01:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45397

Actions (login required)

View Item View Item