Lalita Soleha Permata Hati, . (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN KAMPANYE #DIINDONESIAAJA PADA TIKTOK @PESONAINDONESIA TERHADAP MINAT BERWISATA (Studi pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur). Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
Cover_154210098.pdf Download (152kB) |
|
|
Text
Abstrak_154210098.pdf Download (188kB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan_154210098.pdf Download (150kB) |
|
|
Text
Daftar Isi_154210098.pdf Download (166kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_154210098.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
Fulltext_154210098.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kampanye #DiIndonesiaAja merupakan upaya Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia. Tren pariwisata saat ini menunjukkan pergeseran signifikan ke arah digital, di mana wisatawan cenderung merencanakan perjalanan, pre-on-post journey, hampir seluruhnya dilakukan secara digital. TikTok menjadi platform yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain itu, pengguna di Indonesia menghabiskan waktu paling lama di TikTok setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan konten kampanye #DiIndonesiaAja pada TikTok @pesonaindonesia terhadap minat berwisata ke DPSP Borobudur, menggunakan teori Elaboration Likehood Model (ELM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan responden penelitian merupakan 204 pengikut akun TikTok @pesonaindonesia yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan konten kampanye #DiIndonesiaAja pada TikTok @pesonaindonesia berpengaruh terhadap minat berwisata ke DPSP Borobudur (T-statistics = 8,411; P-value 0,000), begitu pula dengan kualitas konten kampanye #DiIndonesiaAja pada TikTok @pesonaindonesia berpengaruh terhadap minat berwisata ke DPSP Borobudur (T-statistics 3,069; P-value 0,002). Kedua variabel secara simultan mampu menjelaskan sebesar 65,8% (R² = 0,658) variasi minat berwisata. Temuan ini menegaskan bahwa minat berwisata tidak hanya ditentukan oleh seberapa sering audiens terpapar konten, tetapi juga oleh kualitas konten yang disajikan. Penelitian ini memperlihatkan peran penting TikTok yang tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga menjadi alat yang populer serta efektif dalam memperkuat kampanye pariwisata digital untuk mendorong minat berwisata.
Kata kunci: Kampanye Pariwisata, Minat Berwisata, Media Sosial, TikTok, ELM
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Lalita Soleha Permata Hati (Penulis - 154210098) Yenni Sri Utami (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Kampanye Pariwisata, Minat Berwisata, Media Sosial, TikTok, ELM |
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 01:25 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 01:25 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
