ANALISIS STRATEGI BRANDING MELALUI BRAND PERSONA PADA SENDER COFFEE

Tiara Gita Susiloningrum, . (2025) ANALISIS STRATEGI BRANDING MELALUI BRAND PERSONA PADA SENDER COFFEE. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210187.pdf] Text
Cover_153210187.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Abstrak_153210187.pdf] Text
Abstrak_153210187.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_153210187.pdf] Text
Halaman Pengesahan_153210187.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210187.pdf] Text
Daftar Isi_153210187.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210187.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210187.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Fulltext_153210187.pdf] Text
Fulltext_153210187.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Maraknya perkembangan coffee shop telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda. Hal ini membuat pegiat bisnis berlomba untuk meningkatkan kualitas dan inovasi branding untuk bertahan pada ketatnya persaingan. Sender Coffee merupakan coffee shop yang memiliki keunikan strategi branding melalui penerapan brand persona sebagai representasi karakter setiap outletnya. Konsep ini menghadirkan diferensiasi yang kuat karena konsumen tidak hanya membeli produk kopi, tetapi juga merasakan pengalaman personal sesuai identitas setiap persona. Penelitian ini bertujuan untuk mganalisis strategi branding Sender Coffee melalui pendekatan model tahapan strategi branding yang meliputi mind, behaviour, dan visual, serta konsep brand expression yang terdiri atas brand positioning, brand identity, brand personality, dan brand communication. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sender Coffee berhasil menerapkan strategi branding secara konsisten pada setiap tahapnya, dengan brand persona sebagai inti pembentukan identitas dan pengalaman merek melalui hospitality, aktivasi, dan implementasi visual lainnya. Temuan penelitian juga mengungkap adanya irisan dengan teori experiential marketing, di mana strategi yang dijalankan tidak hanya memperkuat citra merek, tetapi juga menciptakan pengalaman strategis mulai dari sense, feel, think, act, dan relate.
Kata Kunci: Brand Persona, Strategi Branding, Brand Expression, Experiential Marketing, Sender Coffee

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Tiara Gita Susiloningrum (Penulis - 153210187) Kartika Ayu Ardhanariswari, S.Sn., M.Ds (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Brand Persona, Strategi Branding, Brand Expression, Experiential Marketing, Sender Coffee
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 30 Oct 2025 01:05
Last Modified: 30 Oct 2025 01:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45188

Actions (login required)

View Item View Item