Septiya Astri Nikita Setiyadi, . (2025) Analisis Grade Jalan dan Traffic Density terhadap Konsumsi Bahan Bakar HD 785-7 PT Putra Perkasa Abadi. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
1_Cover_112210054_Septiya Astri Nikita Setiyadi.pdf Download (395kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_112210054_Septiya Astri Nikita Setiyadi.pdf Download (597kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_112210054_Septiya Astri Nikita Setiyadi.pdf Download (565kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_112210054_Septiya Astri Nikita Setiyadi.pdf Download (655kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_112210054_Septiya Astri Nikita Setiyadi.pdf Download (505kB) |
|
|
Text
6_Skripsi_Fulltext_112210054_Septiya Astri Nikita Setiyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kondisi jalan angkut, seperti kemiringan jalan yang tidak sesuai standar dan rolling resistance dapat berdampak pada meningkatnya konsumsi bahan bakar pada alat angkut. Selain itu kepadatan lalu lintas (traffic density) dapat menambah nilai rolling resistance sehingga secara tidak langsung traffic density ini juga akan menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor yang paling mempengaruhi meningkatnya konsumsi bahan bakar yang menyebabkan perbedaan konsumsi aktual bahan bakar dengan target konsumsi bahan bakar. Target konsumsi bahan bakar pada perusahaan yaitu sebesar 75 liter/jam sedangkan konsumsi bahan bakar aktual mencapai 83 liter/jam.
Data didapatkan melalui pengamatan langsung dan dokumentasi perusahaan selama Maret 2025 dengan tiga jalan angkut yaitu Jalan Rangkong, Jalan Cendrawasih, dan Jalan Kasuari. Data yang didapat mencakup grade jalan, lebar jalan, rolling resistance, konsumsi bahan bakar aktual. Nilai konsumsi bahan bakar diperoleh dari data sekunder perusahaan dan dihitung berdasarkan kebutuhan rimpull pada alat angkut.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa grade jalan serta traffic density berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, dari analisis regresi grade jalan berpengaruh 60–70% terhadap konsumsi bahan bakar, rolling resistance berpengaruh 60–80%, dan traffic density mempengaruhi rolling resistance sebesar 70%. Setelah dilakukan perbaikan pada kondisi jalan berupa perbaikan grade sesuai standar dan penurunan rolling resistance, konsumsi bahan bakar menurun menedekati target. Pada Jalan Rangkong menurun dari 79,90 liter/jam menjadi 62,34 liter/jam. Pada Jalan Cendrawasih menurun dari 83,67 liter/jam menjadi 75,17 liter/jam. Pada Jalan Kasuari menurun dari 79,11 liter/jam menjadi 75,45 liter/jam.
Kata kunci: alat angkut, konsumsi bahan bakar, kemiringan jalan, kepadatan lalu lintas, rolling resistance.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Septiya Astri Nikita Setiyadi (Penulis-112210054);Bagus Wiyono (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | alat angkut, konsumsi bahan bakar, kemiringan jalan, kepadatan lalu lintas, rolling resistance |
| Subjek: | Q Science > QE Geology T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 01:03 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 01:03 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45069 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
