KAJIAN TEKNIS FUEL RATIO DUMP TRUCK PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT BARAMARTA BLOK 3 PT MADHANI TALATAH NUSANTARA KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN

Mario Surya Abi Permana, . (2025) KAJIAN TEKNIS FUEL RATIO DUMP TRUCK PADA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PIT BARAMARTA BLOK 3 PT MADHANI TALATAH NUSANTARA KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Cover_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf] Text
1. Cover_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2. Abstrak_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf] Text
2. Abstrak_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. Lembar Pengesahan_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf] Text
3. Lembar Pengesahan_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4. Daftar Isi_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf] Text
4. Daftar Isi_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 5. Daftar Pustaka_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf] Text
5. Daftar Pustaka_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 6. Skripsi Fulltext_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf] Text
6. Skripsi Fulltext_112200162_Mario Surya Abi Permana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tingginya fuel ratio dump truck Komatsu HD 785-7 pada kegiatan pengangkutan material overburden di area tambang. Fuel ratio aktual mencapai 0,51 liter/BCM, sedangkan target perusahaan sebesar 0,47 liter/BCM. Nilai ini mencerminkan bahwa efisiensi penggunaan bahan bakar belum optimal dan menurunnya kinerja alat angkut. Analisis awal menunjukkan bahwa salah satu penyebab utama adalah kondisi jalan angkut yang tidak sesuai standar, seperti adanya segmen dengan kemiringan lebih dari 8% dan permukaan jalan yang tidak rata atau mengalami amblasan melebihi batas toleransi perusahaan sebesar 5 cm. Kondisi ini mengakibatkan siklus kerja alat menjadi lebih lama dan konsumsi bahan bakar meningkat.
Metode penelitian dilakukan dengan cara mengamati kondisi aktual jalan, mengukur kemiringan dan amblasan jalan, serta menganalisis konsumsi bahan bakar dan produktivitas alat angkut. Selanjutnya dilakukan simulasi rimpull untuk mengidentifikasi potensi peningkatan kinerja alat angkut melalui perbaikan jalan. Perbaikan dilakukan dengan metode fill pada segmen jalan yang memiliki kemiringan berlebih dan penambahan material scoria pada lapisan permukaan jalan untuk mengatasi amblasan dan meningkatkan kemampuan drainase. Tujuan dari perbaikan ini adalah mampu menurunkan konsumsi bahan bakar dan meningkatkan produktivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan geometri jalan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap efisiensi operasional. Konsumsi bahan bakar mengalami penurunan dari 64,78 liter/jam menjadi 61,45 liter/jam, sedangkan produktivitas alat angkut meningkat dari 128,05 BCM/jam menjadi 138,77 BCM/jam. Nilai fuel ratio juga mengalami penurunan dari 0,51 liter/BCM menjadi 0,44 liter/BCM, yang sudah berada di bawah target perusahaan sebesar 0,47 liter/BCM. Kajian ini menegaskan bahwa pengelolaan geometri jalan angkut yang sesuai standar mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, memperpendek waktu siklus kerja, serta menekan biaya operasional. Hasil ini dapat dijadikan acuan bagi perusahaan untuk menjadikan perbaikan geometri jalan sebagai strategi berkelanjutan dalam mendukung efisiensi dan produktivitas kegiatan operasional tambang.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Mario Surya Abi Permana (Penulis - 112200162) Gunawan Nusanto (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Fuel Ratio, Geometri Jalan Angkut, Efisiensi Alat Angkut
Subjek: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:07
Last Modified: 24 Oct 2025 08:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44966

Actions (login required)

View Item View Item