Damaringtyas, Yuniardila (2025) Analisis Brand Positioning Sekolah Murid Merdeka Kotabaru-Yogyakarta untuk Membangun Brand Awareness. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 1_Cover_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf Download (189kB)  | 
          |
| 
              
Text
 2_Abstrak_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf Download (223kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3_Halaman Pengesahan_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf Download (412kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4_Daftar Isi_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf Download (221kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5_Daftar Pustaka_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf Download (197kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6_Skripsi Full_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf Download (3MB)  | 
          
Abstract
Kompetisi dalam industri pendidikan yang kian berkembang membuat 
Sekolah Murid Merdeka Kotabaru–Yogyakarta melalukan strategi brand 
positioning untuk menunjukan eksistensi diri di antara kompetitor dan memperluas 
citra institusi kepada target market. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan 
brand positioning yang dilakukan oleh Sekolah Murid Merdeka Kotabaru
Yogyakarta dalam membangun brand awareness. Penelitian ini menggunakan 
pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, 
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand positioning Sekolah 
Murid Merdeka Kotabaru-Yogyakarta diawali dengan perumusan frame of 
reference kemudian mendefinisikan point of parity dan point of difference lalu 
merangkumnya ke dalam brand mantra yang menjadi landasan komunikasi merek 
dalam membangun brand awareness. Penelitian ini juga menemukan bahwa tim 
Sekolah Murid Merdeka Kotabaru-Yogyakarta menegaskan brand positioning 
kepada target market melalui social media marketing, brand activation, dan 
komunitas akar rumput. Digital campaign yang dikemas dengan gaya story telling 
menjadi strategi unggulan untuk memperluas jangkauan brand positioning dan 
sehingga brand image muncul beriringan dengan awareness target market. 
Penelitian ini juga menggarisbawahi peran e-word of mouth sebagai faktor eksternal 
dalam pembentukan brand awareness dan brand image terhadap positioning 
sekolah. 
Kata kunci: Branding, Brand Positioning, Brand Awareness
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) | 
|---|---|
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Depositing User: | Indah Lestari | 
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 06:27 | 
| Last Modified: | 23 Oct 2025 06:27 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44877 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
