Analisis Brand Positioning Sekolah Murid Merdeka Kotabaru-Yogyakarta untuk Membangun Brand Awareness

Damaringtyas, Yuniardila (2025) Analisis Brand Positioning Sekolah Murid Merdeka Kotabaru-Yogyakarta untuk Membangun Brand Awareness. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Cover_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf] Text
1_Cover_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf] Text
2_Abstrak_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf] Text
4_Daftar Isi_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 6_Skripsi Full_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf] Text
6_Skripsi Full_153210125_Yuniardila Damaringtyas.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kompetisi dalam industri pendidikan yang kian berkembang membuat
Sekolah Murid Merdeka Kotabaru–Yogyakarta melalukan strategi brand
positioning untuk menunjukan eksistensi diri di antara kompetitor dan memperluas
citra institusi kepada target market. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan
brand positioning yang dilakukan oleh Sekolah Murid Merdeka Kotabaru
Yogyakarta dalam membangun brand awareness. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand positioning Sekolah
Murid Merdeka Kotabaru-Yogyakarta diawali dengan perumusan frame of
reference kemudian mendefinisikan point of parity dan point of difference lalu
merangkumnya ke dalam brand mantra yang menjadi landasan komunikasi merek
dalam membangun brand awareness. Penelitian ini juga menemukan bahwa tim
Sekolah Murid Merdeka Kotabaru-Yogyakarta menegaskan brand positioning
kepada target market melalui social media marketing, brand activation, dan
komunitas akar rumput. Digital campaign yang dikemas dengan gaya story telling
menjadi strategi unggulan untuk memperluas jangkauan brand positioning dan
sehingga brand image muncul beriringan dengan awareness target market.
Penelitian ini juga menggarisbawahi peran e-word of mouth sebagai faktor eksternal
dalam pembentukan brand awareness dan brand image terhadap positioning
sekolah.
Kata kunci: Branding, Brand Positioning, Brand Awareness

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 23 Oct 2025 06:27
Last Modified: 23 Oct 2025 06:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44877

Actions (login required)

View Item View Item