ANDRIAWAN, DIKI (2025) PENGARUH VIEWING FREQUENCY DAN SCARCITY PERCEPTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA LIVE STREAMING SHOPEE YANG DIMEDIASI OLEH ANTICIPATED EMOTIONS. Skripsi thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
2_Cover_141210203_Diki Andriawan.pdf Download (142kB) |
|
|
Text
3_Abstrak_141210203_Diki Andriawan.pdf Download (252kB) |
|
|
Text
4_Halaman Pengesahan_141210203_Diki Andriawan.pdf Download (322kB) |
|
|
Text
5_Daftar Isi_141210203_Diki Andriawan.pdf Download (223kB) |
|
|
Text
6_Daftar Pustaka_141210203_Diki Andriawan.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
1_Skripsi full_141210203_Diki Andriawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Viewing Frequency dan Scarcity
Perception terhadap Impulse Buying pada pengguna live streaming Shopee dengan
Anticipated Emotions sebagai variabel mediasi. Teknik pengambilan sampel
menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data
dikumpulkan melalui kuesioner Google Form dari 190 responden dan dianalisis
menggunakan metode SEM-PLS dengan program SmartPLS 4.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Viewing Frequency dan Anticipated Emotions berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Impulse Buying, sementara Scarcity Perception tidak
berpengaruh signifikan. Viewing Frequency berpengaruh positif terhadap Anticipated
Emotions, sedangkan Scarcity Perception berpengaruh negatif. Anticipated Emotions
memediasi hubungan antara Viewing Frequency dan Impulse Buying secara positif,
serta memediasi hubungan Scarcity Perception dan Impulse Buying secara negatif.
Penelitian ini menegaskan pentingnya peran emosi dalam pembelian impulsif pada live
streaming commerce. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas objek studi ke
platform lain, menambahkan variabel seperti kepercayaan atau kehadiran sosial, serta
mengeksplorasi strategi pemasaran berbasis emosi yang etis dan bertanggung jawab.
Kata kunci: Viewing Frequency, Scarcity Perception, Impulse Buying, Anticipated
Emotions, Shopee Live
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | DIKI ANDRIAWAN (penulis) - 141210203 ; Karyono (pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Viewing Frequency, Scarcity Perception, Impulse Buying, Anticipated Emotions, Shopee Live |
| Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen |
| Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:45 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 03:04 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
