HELIYANTI, AFIFAH ISNA RAHMA (2025) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENENTUAN RUTE PENGANGKUTAN KERTAS BEKAS DENGAN ALGORITMA SWEEP DAN NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus : UD Sregep, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_122210032_Afifah Isna.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_122210032_Afifah Isna.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_122210032_Afifah Isna.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_122210032_Afifah Isna.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_122210032_Afifah Isna.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi Full_122210032_Afifah Isna.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penentuan rute angkutan yang optimal merupakan tantangan dalam kegiatan
reverse logistics, terutama ketika frekuensi dan lokasi penjemputan berubah-ubah.
UD Sregep, sebuah perusahaan daur ulang kertas di Sleman, Yogyakarta,
menghadapi permasalahan dalam efisiensi penentuan rute penjemputan kertas
bekas, seperti ketidakteraturan jadwal dan pengelompokan rute yang tidak
mempertimbangkan kedekatan geografis antar sumber dan menyebabkan
ketidakefisienan dalam penggunaan armada serta risiko sopir lembur. Penelitian ini
bertujuan untuk membangun model Vehicle Routing Problem (VRP) dan merancang
sistem informasi penentuan rute dengan mempertimbangkan multi-trip, kapasitas
kendaraan, waktu kerja sopir, dan volume muatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan kombinasi
Algoritma Sweep dan Nearest Neighbor. Data observasi diambil dari aktivitas
penjemputan pada tanggal 4–9 November 2024.. Sistem informasi dikembangkan
menggunakan framework Angular untuk antarmuka pengguna dan FastAPI sebagai
back-end, serta diuji menggunakan metode Black Box dan User Acceptance Test
(UAT).
Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem informasi ini dapat
menghasilkan rute penjemputan yang lebih efisien dengan pengurangan total jarak
tempuh serta risiko overtime. Sistem ini juga mampu mendukung pengambilan
keputusan yang lebih cepat dan akurat dalam operasional logistik UD Sregep. Hal
ini dibuktikan pada hasil perbandingan antara jarak aktual dan jarak usulan sistem
informasi terdapat presentase selisih jarak yang signifikan pada kurun waktu 5 hari.
Pada tanggal 4 November 2024 menunjukkan presentase selisih jarak sebesar 30%,
tanggal 5 November 2024 sebesar 34%, tanggal 6 November sebesar 14%, tanggal
7 November 26%, dan tanggal 8 November sebesar 19%. Hasil pengujian UAT juga
menghasilkan presentase 85,71% sehingga sistem dikatakan sangat layak
digunakan untuk perusahaan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan
memberikan kontribusi nyata dalam efisiensi distribusi pada sistem reverse logistics
berbasis teknologi informasi.
Kata Kunci: Reverse Logistics, Vehicle Routing Problem, Algoritma Sweep,
Nearest Neighbor, Sistem Informasi, UD Sregep.
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Afifah Isna Rahma Heliyanti (Penulis - 122210032) ; Laila Nafisah (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Reverse Logistics, Vehicle Routing Problem, Algoritma Sweep, Nearest Neighbor, Sistem Informasi, UD Sregep. |
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Teknik Industri |
Depositing User: | Indah Lestari |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:13 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:13 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |