Rabbani, Rasya Rahil (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA OVERLOAD TERHADAP PERILAKU SELECTIVE RETENTION BRAND SOMETHINC PADA GENERASI Z DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2. Cover_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Media sosial telah berkembang pesat dan menjadi bagian integral dalam kehidupan
masyarakat, termasuk dalam praktik komunikasi pemasaran. Brand Somethinc
merupakan salah satu merek lokal yang banyak diperbincangkan di media sosial,
baik melalui konten promosi resmi maupun ulasan dari kreator, seperti testimosi,
review penggunaan, informasi produk, hingga tips dan trik. Tingginya intensitas
dan volume konten tersebut menimbulkan fenomena social media overload, yaitu
kondisi ketika pengguna merasa kewalahan dan kelelahan akibat paparan informasi
yang berlebihan. Situasi ini dapat memicu timbulnya perilaku selective retention,
yakni kecenderungan individu untuk hanya menyaring dan mengingat informasi
yang dianggap relevan atau penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh social media overload terhadap perilaku selective retention pengguna
media sosial, khususnya Generasi Z di Yogyakarta dengan menggunakan
pendekatan teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Metode yang digunakan
adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui
kuesioner daring dengan skala likert 1-5 dan dianalisis menggunakan uji regresi
linier sederhana. Hasil penelitian berdasarkan 100 responden yang berdomisili di
Yogyakarta menunjukkan bahwa social media overload berpengaruh positif dan
signifikan terhadap selective retention dengan nilai koefisien determinasi (R²)
sebesar 14,3%. Artinya, sebesar 14,3% variasi perilaku selective retention dapat
dijelaskan oleh variabel social media overload, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain seperti literasi digital, motivasi individu, kualitas dan kredibilitas konten.
Kata kunci: media sosial, social media overload, selective retention, Generasi Z,
Somethinc.
Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rasya Rahil Rabbani (Penulis - 153210097) ; Kartika Ayu (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | media sosial, social media overload, selective retention, Generasi Z, Somethinc. |
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Indah Lestari |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:59 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:59 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |