PENGARUH SOCIAL MEDIA OVERLOAD TERHADAP PERILAKU SELECTIVE RETENTION BRAND SOMETHINC PADA GENERASI Z DI YOGYAKARTA

Rabbani, Rasya Rahil (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA OVERLOAD TERHADAP PERILAKU SELECTIVE RETENTION BRAND SOMETHINC PADA GENERASI Z DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf] Text
2. Cover_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf] Text
3. Abstrak_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153210097_Rasya Rahil Rabbani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Media sosial telah berkembang pesat dan menjadi bagian integral dalam kehidupan
masyarakat, termasuk dalam praktik komunikasi pemasaran. Brand Somethinc
merupakan salah satu merek lokal yang banyak diperbincangkan di media sosial,
baik melalui konten promosi resmi maupun ulasan dari kreator, seperti testimosi,
review penggunaan, informasi produk, hingga tips dan trik. Tingginya intensitas
dan volume konten tersebut menimbulkan fenomena social media overload, yaitu
kondisi ketika pengguna merasa kewalahan dan kelelahan akibat paparan informasi
yang berlebihan. Situasi ini dapat memicu timbulnya perilaku selective retention,
yakni kecenderungan individu untuk hanya menyaring dan mengingat informasi
yang dianggap relevan atau penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh social media overload terhadap perilaku selective retention pengguna
media sosial, khususnya Generasi Z di Yogyakarta dengan menggunakan
pendekatan teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Metode yang digunakan
adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui
kuesioner daring dengan skala likert 1-5 dan dianalisis menggunakan uji regresi
linier sederhana. Hasil penelitian berdasarkan 100 responden yang berdomisili di
Yogyakarta menunjukkan bahwa social media overload berpengaruh positif dan
signifikan terhadap selective retention dengan nilai koefisien determinasi (R²)
sebesar 14,3%. Artinya, sebesar 14,3% variasi perilaku selective retention dapat
dijelaskan oleh variabel social media overload, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain seperti literasi digital, motivasi individu, kualitas dan kredibilitas konten.
Kata kunci: media sosial, social media overload, selective retention, Generasi Z,
Somethinc.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Rasya Rahil Rabbani (Penulis - 153210097) ; Kartika Ayu (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: media sosial, social media overload, selective retention, Generasi Z, Somethinc.
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:59
Last Modified: 14 Aug 2025 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43491

Actions (login required)

View Item View Item