ANALISIS PERILAKU KONSUMEN LABORÉ DALAM MENGGUNAKAN FITUR ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) LABORÉ SENSITIVE SKIN ADVISOR

Nahdi, Celia Ramiza (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN LABORÉ DALAM MENGGUNAKAN FITUR ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) LABORÉ SENSITIVE SKIN ADVISOR. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf] Text
Cover_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Abstrak_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf] Text
Abstrak_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf] Text
Lembar Pengesahan_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf] Text
Daftar Isi_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210183_Celia Ramiza Nahdi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Skripsi full_Celia Ramiza_153210183 (1).pdf] Text
Skripsi full_Celia Ramiza_153210183 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam industri kecantikan telah
mengubah pola perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.
Inovasi AI diterapkan oleh brand skincare lokal Laboré dengan fitur Laboré
Sensitive Skin Advisor, fitur ini memberikan rekomendasi produk secara personal
bagi pemilik kulit sensitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku
konsumen dalam menggunakan fitur AI Laboré, serta menganalisis tahapan
customer journey dan persepsi konsumen terhadap kemudahan dan manfaat fitur AI
Laboré. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Penelitian ini mengacu pada Theory of Reasoned Action (Fishbein & Ajzen, 1975),
Technology Acceptance Model (Davis, 1989), serta konsep Customer Journey
(Lemon & Verhoef, 2016) dan Human-Machine Communication (HMC). Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap lima konsumen aktif dan
satu pengguna baru sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa konsumen memperlihatkan perilaku partisipatif dan interaktif dalam
penggunaan fitur serta penerimaan terhadap rekomendasi yang diberikan oleh AI
Laboré. Komunikasi yang informatif serta manfaat yang diperoleh membentuk
sikap positif terhadap AI Labore. Hal ini mendorong niat untuk menggunakan
kembali serta merekomendasikan fitur AI Labore kepada orang lain, meskipun
masih terdapat hambatan dalam aspek kemudahan penggunaan. Niat penggunaan
awal dipengaruhi oleh kepercayaan, serta paparan konten di sosial media.
Konsumen memiliki kepercayaan terhadap teknologi dan brand yang mendorong
niat pembelian, meskipun terdapat konsumen yang mencari validasi tambahan
melalui sosial sosial. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor psikologis dan sosial
secara bersamaan memengaruhi perilaku konsumen pada setiap tahapan
penggunaan AI Laboré Sensitive Skin Advisor.
Kata kunci: Perilaku Konsumen, Artificial Intelligence (AI), Laboré
Sensitive Skin Advisor, Customer Journey

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Celia Ramiza Nahdi (Penulis-153210183) ; Yuseptia Angretnowati (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Artificial Intelligence (AI), Laboré Sensitive Skin Advisor, Customer Journey
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:14
Last Modified: 05 Aug 2025 01:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43417

Actions (login required)

View Item View Item