ANALISIS PESAN MAKNA IKLAN AUDIO VISUAL MARJAN 2023 "BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA" DENGAN TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Jauhari, Fina Syaihana Rabania (2025) ANALISIS PESAN MAKNA IKLAN AUDIO VISUAL MARJAN 2023 "BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA" DENGAN TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf] Text
2_Cover_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 3_Abstrak_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf] Text
3_Abstrak_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf] Text
5_Daftar Isi_190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 6_Daftar Pustaka_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf] Text
6_Daftar Pustaka_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 1_Skripsi full_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf] Text
1_Skripsi full_153190108_FINA SYAIHANA RABANIA JAUHARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://upnyk.ac.id

Abstract

Analisis Pesan Makna Iklan Audio Visual Marjan 2023 "Baruna Sang
Penjaga Samudera" dengan Teori Semiotika Roland Barthes merupakan studi
analisis kualitatif dengan tujuan mengungkap pean makna dan relitas sosial yang
direpresentasikan. Dalam penelitian menggunakan Teori Semiotika Roland
Barthes, akan berfokus mengulas lapisan tanda denotatif, konotatif, dan mitos
dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara denotatif, menceritakan
perjuangan tokoh Baruna dan masyarakat desa melawan monster laut yang
diciptakan oleh pencemaran sampah plastik, serta merayakan dengan sirup marjan.
Pada tingkatan konotatif, monster laut sebagai simbol bencana ekologis, Baruna
sebagai pemimpin bijak, gotong royong sebagai solusi krisis, dan positioning
marjan hadir di setiap momen perayaan. Pada tingkatan mitos, alam adalah makhluk
hidup, bahwa masyarakat harus bertanggung jawab atas lingkungannya, dan bahwa
Marjan merupakan minuman yang cocok perayaan dan kebersamaan. Iklan
menyampaikan pesan tentang kesadaran lingkungan, kolaborasi, dan
kepemimpinan. Iklan Marjan 2023 ini tidak hanya mempromosikan produk tetapi
juga memiliki makna sosial budaya dan spiritual yang dekat dengan masyarakat
Indonesia.
Kata Kunci: Marjan, Semiotika Roland Barthes, Iklan

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Fina Syaihana Rabania Jauhari (Penulis - 153190108) ; Sigit Tri Prambudi (Pembimbing))
Uncontrolled Keywords: Marjan, Semiotika Roland Barthes, Iklan
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:38
Last Modified: 04 Aug 2025 03:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43401

Actions (login required)

View Item View Item