PENGARUH IDEAL SELF-CONGRUENCE, MATERIALISM, DAN HEDONIC VALUE TERHADAP PERILAKU COMPULSIVE BUYING PADA TREN PEMBELIAN BONEKA LABUBU

Suci, Lorissa Keyna Panderma (2025) PENGARUH IDEAL SELF-CONGRUENCE, MATERIALISM, DAN HEDONIC VALUE TERHADAP PERILAKU COMPULSIVE BUYING PADA TREN PEMBELIAN BONEKA LABUBU. Skripsi thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of COVER_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (2).pdf] Text
COVER_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (2).pdf

Download (137kB)
[thumbnail of ABSTRAK_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf] Text
ABSTRAK_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf

Download (449kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf] Text
DAFTAR ISI_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf

Download (216kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf

Download (198kB)
[thumbnail of SKRIPSI_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf] Text
SKRIPSI_153210169_LORISSA KEYNA PANDERMA SUCI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Fenomena pembelian kompulsif pada tren boneka Labubu menunjukkan perilaku
konsumtif yang dipengaruhi oleh faktor psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh ideal self-congruence, materialism, dan hedonic value
terhadap perilaku compulsive buying. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner daring dan analisis
data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis
mengindikasikan bahwa ketiga variabel independen secara simultan dan parsial
memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian
kompulsif. Temuan ini menegaskan pentingnya pemahaman faktor psikologis
dalam dinamika perilaku konsumen, khususnya pada produk koleksi yang memiliki
nilai simbolik dan emosional tinggi. Implikasi penelitian ini dapat menjadi dasar
bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dalam menghadapi
perilaku pembelian kompulsif di era budaya digital.
Kata Kunci: Ideal Self-Congruence, Materialisme, Hedonic Value, Compulsive
Buying, Perilaku Konsumen

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Lorissa Keyna Panderma Suci (Penulis-153210169) ; Basuki (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Ideal Self-Congruence, Materialisme, Hedonic Value, Compulsive Buying, Perilaku Konsumen
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:33
Last Modified: 24 Jul 2025 02:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43278

Actions (login required)

View Item View Item