ANALISIS PENGARUH KERANGKA KERJA KONTEKS TEKNOLOGIORGANISASI- LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGADOPSI E-COMMERCE (Studi pada UKM di Kota Yogyakarta)

LUKMAN, FERSANDY (2014) ANALISIS PENGARUH KERANGKA KERJA KONTEKS TEKNOLOGIORGANISASI- LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGADOPSI E-COMMERCE (Studi pada UKM di Kota Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi ini dunia bisnis semakin ketat, dalam rangka mempertahankan dan bersaing banyak perusahaan menggunakan media-media periklanan untuk memasarkan produknya. Penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang semakin kompetitif. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakan Electronic Commerce (e-Commerce) yang dapat membantu memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dalam lingkungan bisnis global , usaha kecil dan menengah ( UKM ) yang bertahap menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berbasis perdagangan elektronik (e-Commerce) untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dan memiliki akses ke pasar global. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui apakah teknologi-organisasi-lingkungan (TOE) yang terdiri dari konteks teknologi, konteks organisasi, dan konteks lingkungan berpengaruh terhadap keputusan untuk mengadopsi e-Commerce pada UKM di Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada UKM-UKM yang berlokasi di Kota Yogyakata. Pengambilan data dilakukan mulai bulan Januari hingga Maret 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data premier dan data sekunder.Metodepengolahan dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasili analisis regresi linier berganda adalah adalah sebesar 0,299, artinya jika tidak ada perubahan variabel konteks teknologi, konteks organisasi, dan konteks lingkungan yang mempengaruhi Adopsi e-Commerce pada UKM di Yogyakarta, maka adopsi e-Commerce akan sebesar 0,299 satuan. Variabel Konteks teknologi (X1) merupakan variabel yang mempengaruhi keputusan Adopsi e-Commerce (Y). Berarti bila variabel konteks teknologi (X1) meningkat sebesar maka keputusan Adopsi e-Commerce akan meningkat dengan anggapan variabel konteks organisasi, dan konteks lingkungan, tetap. Variabel Konteks organisasi (X2) merupakan variabel yang mempengaruhi Adopsi e-Commerce (Y). Berarti bila variabel konteks organisasi (X2) meningkat maka keputusan Adopsi e-Commerce akan meningkat dengan anggapan variabel konteks teknologi, dan konteks lingkungan, tetap. Variabel Konteks lingkungan (X3) merupakan variabel yang mempengaruhi Adopsi e-Commerce (Y). Berarti bila variabel Konteks lingkungan (X3) meningkat maka adopsi e-Commerce akan meningkat dengan anggapan variabel konteks teknologi, dan konteks organisasi, tetap Kata Kunci: kerangka TOE, usaha kecil menengah (UKM), adopsi e-commerce.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:31
Last Modified: 23 Jun 2016 03:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item