EVALUASI KAMPANYE “JOGJA QRISTIMEWA” DALAM MENINGKATKAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMBAYARAN NONTUNAI QRIS PADA PELAKU UMKM DI YOGYAKARTA

DAHLAN, SYARIFAH AINI (2025) EVALUASI KAMPANYE “JOGJA QRISTIMEWA” DALAM MENINGKATKAN IMPLEMENTASI SISTEM PEMBAYARAN NONTUNAI QRIS PADA PELAKU UMKM DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf] Text
2. Cover_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf] Text
3. Abstrak_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf] Text
5. Daftar Isi_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153210073_Syarifah Aini Dahlan.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf] Text
PANDUAN MENGAKSES DTS FULL.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh tantangan implementasi QRIS yang signifikan di kalangan
UMKM dan pedagang pasar tradisional. Data dari Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh
Indonesia (APPSI) tahun 2024 menunjukkan tingkat adopsi QRIS yang masih rendah
di kalangan pelaku UMKM dan pedagang pasar tradisional, yaitu hanya sekitar 5%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan evaluasi proses dan
outcomes Kampanye “Jogja QRIStimewa” yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan
Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya meningkatkan
implementasi sistem pembayaran nontunai QRIS pada pedagang dan pelaku UMKM
di Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk memecahkan tujuan penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Evaluasi proses kampanye
menunjukkan keberhasilan yang bervariasi. Aspek terpaan dan bingkai media dinilai
baik dalam menjangkau audiens dan memanfaatkan media. Kampanye juga berhasil
membentuk perubahan perilaku di tingkat individu (peningkatan merchant QRIS) dan
kebijakan publik (penghapusan biaya MDR). Namun, perubahan perilaku individu
belum menyeluruh akibat keterbatasan kemampuan dalam mengakses teknologi.
Evaluasi outcomes kampanye menunjukkan dampak yang beragam. Pengetahuan dan
kesadaran mengenai QRIS meningkat, meskipun belum merata karena keterbatasan
keterampilan teknologi. Kendati demikian, kampanye berhasil memicu perubahan
kebijakan di tingkat Bank Indonesia dan pemerintah daerah. Secara keseluruhan,
Kampanye “Jogja QRIStimewa” berkontribusi positif dalam mendorong adopsi QRIS.
Akan tetapi, untuk implementasi yang lebih luas dan efektif masih belum tercapai.
Kata Kunci: Evaluasi Proses, Evaluasi Outcomes, Kampanye, QRIS, Bank
Indonesia, UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: SYARIFAH AINI DAHLAN (Penulis-153210073) ; Sika Nur Indah (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Proses, Evaluasi Outcomes, Kampanye, QRIS, Bank Indonesia, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:27
Last Modified: 09 Jul 2025 02:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43002

Actions (login required)

View Item View Item