PRADIPA, ADYATMA ARKAAN (2025) DESAIN MODEL ARSITEKTUR SISTEM MARKETPLACE UNTUK PENJUALAN ITEM MODIFIKASI GAME EURO TRUCK SIMULATOR 2. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_124200043_Adyatma Arkaan Pradipa.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_124200043_Adyatma Arkaan Pradipa.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_124200043_Adyatma Arkaan Pradipa.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_124200043_Adyatma Arkaan Pradipa.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_124200043_Adyatma Arkaan Pradipa.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi full_124200043_Adyatma Arkaan Pradipa.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Desain Model Arsitektur Sistem Marketplace untuk Penjualan Item Modifikasi Game
Euro Truck Simulator 2 hadir sebagai solusi terhadap berbagai permasalahan yang sering
dihadapi komunitas pemain. Selama ini, transaksi masih dilakukan secara konvensional
melalui forum atau media sosial, yang menyulitkan pengguna dalam mencari informasi
lengkap mengenai item modifikasi, serta memperlambat proses jual beli karena kurangnya
sistem yang terintegrasi. Permasalahan ini menimbulkan pengalaman pengguna yang kurang
optimal dalam menemukan dan memperoleh produk yang sesuai dengan preferensi mereka.
Pengembangan platform berbasis web menjadi langkah penting untuk memberikan
kemudahan akses informasi, meningkatkan efisiensi transaksi, serta menciptakan
pengalaman pengguna yang lebih baik. Website ini tidak hanya berperan sebagai media
informasi, tetapi juga perlu dirancang dengan antarmuka yang menarik dan mudah
digunakan agar mampu meningkatkan kepuasan pengguna serta mendorong loyalitas
mereka.
Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan User centered design (UCD) digunakan
dalam proses perancangan. UCD merupakan metode yang berfokus pada kebutuhan dan
perilaku pengguna, melalui pendekatan iteratif yang melibatkan pengguna secara langsung
dalam proses pengembangan desain. Tahapan yang dilalui dalam metode ini meliputi:
penentuan konteks penggunaan, spesifikasi kebutuhan pengguna dan organisasi, pembuatan
solusi desain, dan evaluasi desain berdasarkan kebutuhan pengguna.
Usability testing dilakukan menggunakan rumus ISO 25022 untuk mengukur tingkat
efektivitas dan efisiensi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe desain antarmuka
marketplace memperoleh nilai usability yang tinggi, mencerminkan desain yang efektif
dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Pengukuran efektivitas dan efisiensi sistem
menunjukkan hasil yang sangat baik dengan tingkat kesalahan yang minim dan intensitas
kesalahan yang rendah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode UCD
efektif dalam menghasilkan desain prototype yang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan
pengguna. Rekomendasi perbaikan yang dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan
kualitas sistem marketplace ini, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan
mendorong keberhasilan pengembangan sistem yang lebih berkelanjutan.
Kata kunci : arsitektur sistem, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna, marketplace,
ISO 25022, user centered design.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | arsitektur sistem, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna, marketplace, ISO 25022, user centered design. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:45 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:45 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |