KRITIK SOSIAL DALAM KONTEN YOUTUBE SANTOONTV (Analisis Semiotika pada konten “KEADILAN KAK VINI” Part 1-6)

Istyawan, Satriohaji (2025) KRITIK SOSIAL DALAM KONTEN YOUTUBE SANTOONTV (Analisis Semiotika pada konten “KEADILAN KAK VINI” Part 1-6). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf] Text
Cover_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Abstrak_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf] Text
Abstrak_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf] Text
Lembar Pengesahan_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Daftar Isi_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf] Text
Daftar Isi_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf] Text
Daftar Pustaka_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf] Text
Skripsi Fulltext_154210057_Satriohaji Istyawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Munculnya media digital, terutama YouTube, telah mengubah cara kritik sosial disampaikan, memungkinkan penggunaan humor dan satir untuk menarik perhatian audiens. Penelitian ini berfokus pada bagaimana humor dapat menyampaikan kritik sosial secara efektif dalam konten digital, khususnya yang diproduksi oleh SantoonTV. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pesan kritik sosial yang dibalut humor dalam konten SantoonTV yaitu pada konten berjudul “Keadilan Kak Vini” part 1 sampai 6 dan memahami dampaknya terhadap keterlibatan serta persepsi audiens. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis video dari SantoonTV melalui analisis semiotik Roland Barthes. Data dikumpulkan dari dokumentasi video dan transkripsi, dengan fokus pada tema kritik sosial dan humor. Temuan menunjukkan bahwa SantoonTV memanfaatkan humor untuk mengurangi resistensi audiens, menggunakan satir dan parodi untuk membongkar isu-isu sosial. Konten ini ditandai dengan kearifan lokal dan pesan berlapis yang mendorong keterlibatan aktif dari penonton. Praktisi hubungan masyarakat disarankan untuk memanfaatkan humor dan simbolisme visual dalam strategi komunikasi mereka, guna secara efektif menangani isu-isu sosial di era digital.

Kata Kunci: Kritik Sosial, Humor, Satir, Parodi, Public Relations.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Satriohaji Istyawan (Penulis - 154210057) ; Ida Wiendijarti (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kritik Sosial, Humor, Satir, Parodi, Public Relations.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:36
Last Modified: 02 Jul 2025 01:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42878

Actions (login required)

View Item View Item