STRATEGI CORPORATE DIPLOMACY HYBE CORPORATION DALAM EKSPANSI KOREAN POP DI JEPANG TAHUN 2017-2021

CHRISTY, STEFFY GRACIA (2025) STRATEGI CORPORATE DIPLOMACY HYBE CORPORATION DALAM EKSPANSI KOREAN POP DI JEPANG TAHUN 2017-2021. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf] Text
Cover_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Abstrak_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf] Text
Abstrak_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf] Text
Daftar Isi_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf] Text
Halaman Pengesahan_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf] Text
Daftar Pustaka_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of SKRIPSI_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf] Text
SKRIPSI_Steffy Gracia Christy_151210056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi Corporate Diplomacy HYBE Corporation dalam
ekspansi Korean Pop di Jepang periode 2017-2021. Sebagai pasar musik terbesar
kedua di dunia, Jepang menjadi target utama Korea Selatan dalam menyebarkan
Hallyu. Dengan semakin kuatnya globalisasi, penyebaran Hallyu tidak hanya
berperan sebagai fenomena budaya, tetapi juga sebagai alat diplomasi yang
memperkuat pengaruh Korea Selatan di pasar internasional. HYBE Corporation,
sebagai salah satu perusahaan hiburan terkemuka Korea, menerapkan strategi
corporate diplomacy lewat artis-artisnya serta citra perusahaannya untuk
meningkatkan daya saingnya secara global. Dalam penelitian ini, peneliti akan
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang
diperoleh berasal dari data sekunder melalui metode studi literatur dan
penelusuran internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HYBE Corporation
mengimplementasikan metode Brands, Products, and Export, dan Corporate
Social Responsibility (CSR) dalam ekspansi K-Pop ke Jepang dengan berbagai
jenis diferensiasi produk, pelayanan, SDM, saluran, citra, dan ekspor. Dengan
strategi yang adaptif dan inovatif, HYBE berhasil memperluas jangkauan K-Pop
di Jepang serta mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemimpin dalam
industri hiburan global.
Kata Kunci: HYBE, K-Pop, Corporate Diplomacy, Korea Selatan, Jepang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: HYBE, K-Pop, Corporate Diplomacy, Korea Selatan, Jepang.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 21 May 2025 03:32
Last Modified: 21 May 2025 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42570

Actions (login required)

View Item View Item