PERMANA, DINO (2025) PENGARUH SOFT SKILL, HARD SKILL, YANG DIMEDIASI OLEH MANAJEMEN PROSES TERHADAP KINERJA DIREKTORAT JENDERAL PAJAK. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_241222001_DinoPermana.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_241222001_DinoPermana.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_241222001_DinoPermana.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_241222001_DinoPermana.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
6_ Daftar Pustaka_241222001_DinoPermana.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
1_Tesis Full_241222001_DinoPermana.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel pada
European Foundation for Quality Management (EFQM) 2020 Model terhadap
kinerja di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) guna menggantikan Balanced scorecard
(BSC). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuasioner
kepada 595 responden yang merupakan top management dan memiliki kapasitas
sebagai pengambil keputusan di lingkungan DJP.
Ditemukan bahwa EFQM 2020 Model dapat diterapkan di DJP dimana soft
skill menjadi faktor yang dapat lebih ditingkatkan lagi. Adapun hard skill menjadi
factor yang perlu ditata dari awal. Manajemen proses signifikan berpengaruh
terhadap kinerja DJP, memediasi hubungan soft skill terhadap Kinerja DJP dan
tidak terbukti memediasi hubungan hard skill terhadap kinerja DJP. Dimungkinkan
terdapat
faktor eksternal lain yang mendominasi kinerja DJP dan perlu
dipertimbangkan dalam penelitian selanjutnya.
Terdapat beberapa implikasi potensial secara teori dan teknis bagi DJP dan
organisasi, terutama terhadap para pimpinan DJP. Hasil penelitian ini akan
mengisi kesenjangan dalam teori kinerja organisasi sektor publik dan literatur
secara umum, khususnya dalam konteks manajemen mutu dan operasi. Nilai
originalitas penelitian ini yaitu analisis pengaruh variabel EFQM 2020 Model
terhadap kinerja DJP karena penelitian terkait EFQM 2020 Model di sektor
pelayanan publik di Indonesia terutama di DJP masih sedikit.
Kata kunci:EFQM 2020 Model, kinerja, Direktorat Jenderal Pajak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFQM 2020 Model, kinerja, Direktorat Jenderal Pajak |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:48 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |