ABINERI, THEODULUS VIKKO (2024) ANALISIS MODEL KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM PEMBENTUKAN IKLIM PERUSAHAAN (STUDI ETNOGRAFI PADA AYAARTTA HOTEL MALIOBORO). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_253222012_Theodulus Vikko Abineri.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_253222012_Theodulus Vikko Abineri.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_253222012_Theodulus Vikko Abineri.pdf Download (14MB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_253222012_Theodulus Vikko Abineri.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_253222012_Theodulus Vikko Abineri.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
1_Tesis Full_253222012_Theodulus Vikko Abineri.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Yogyakarta sebagai kota pariwisata mengalami pertumbuhan tingkat hunian 1.68%
pada tahun 2023. Banyaknya hotel dan lowongan pekerjaan membuat pencari kerja
dengan mudah berpindah-pindah. Perpindahan ini mempersingkat proses karyawan
hingga menjadi seorang pimpinan yang memperoleh posisi dengan berpindah hotel.
Peran kepemimpinan dalam organisasi perhotelan sangat penting untuk
menumbuhkan kohesivitas anggota, pembagian kerja, penyampaian nilai-nilai
pekerjaan dan memposisikan diri sebagai bagian dari Ayaartta Hotel. Pemimpin
berperan dalam menciptakan iklim komunikasi organisasi. Tujuan penelitian ini
adalah menemukan model komunikasi kepemimpinan dalam menciptakan
kepuasan karyawan dan efektivitas organisasi melalui pendekatan CCO. Penelitian
ini dilakukan dengan studi kualitatif melalui pendekatan etnografi. Teori yang
digunakan adalah teori kepemimpinan hibrida dan Communication Contitutive
Organization. Pengumpulan data dilakukan dengan interview semi terstruktur dan
obeservasi. Uji validitas yang dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Hasil
penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar Departemen Head di Ayaartta
Malioboro belum memiliki kemampuan dalam keterlibatannya di operasional yaitu
keterlibatan, memotivasi karyawan, pengelolaan konflik, kemampuan non-verbal,
keterampilan berbicara, keterbukaan dan sikap empati. Selain itu ditemukan
keterlibatan pemilik perusahaan dalam proses manajerial sampai dengan
pembagian uang jasa pelayanan yang tidak merata. Hal ini menyebabkan iklik
komunikasi organisasi kurang kondusif sehingga banyak terjadi keluar masuk
karyawan.
Kata Kunci: pariwisata perhotelan, komunikasi kepemimpinan, Communication
Contitutive Organization, komunikasi organisasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pariwisata perhotelan, komunikasi kepemimpinan, Communication Contitutive Organization, komunikasi organisasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:46 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |