ZAKALUKITA, MUHAMAD LUTHFY (2024) ANALISIS PENGELOLAAN KECELAKAAN KERJA AKIBAT FATIGUE PADA OPERATOR DUMP TRUCK DI PT. ANTAREJA MAHADA MAKMUR JOB SITE MULTI HARAPAN UTAMA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
2. Cover_112190157_Muhamad Luthfy Zakalukita.pdf Download (147kB) |
|
Text
3. Abstrak_112190157_Muhamad Luthfy Zakalukita.pdf Download (403kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_112190157_Muhamad Luthfy Zakalukita.pdf Download (327kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_112190157_Muhamad Luthfy Zakalukita.pdf Download (342kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_112190157_Muhamad Luthfy Zakalukita.pdf Download (188kB) |
|
Text
1. Skripsi Fulltext_112190157_Muhamad Luthfy Zakalukita.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
PT. Antareja Mahada Makmur (PT AMM) adalah perusahaan kontraktor
pertambangan batubara yang berlokasi di Kalimantan Timur. Aktivitas Perusahaan
melibatkan berbagai alat berat tambang, salah satunya dump truck. PT AMM
berkomitmen untuk zero fatality dan zero property damage dengan melaksanakan
beberapa program pengendalian angka kecelakaan. Namun, masih terjadi 8
kecelakaan kerja akibat kelelahan kerja (fatigue) pada operator dump truck selama
tahun 2020-2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kekerapan dan
keparahan kecelakaan kerja, kategori kelelahan kerja kronis, faktor penyebab
kelelahan kerja (fatigue) dan efektivitas upaya pengendalian kecelakaan akibat
fatigue yang terjadi pada operator dump truck di PT AMM. Pendekatan kualitatif
dan kuantitatif digunakan dengan metode kuesioner Industrial Fatigue Research
Committee (IFRC) yang diberikan kepada 94 operator dump truck dan analisis
bivariat pada software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai frequency rate
kecelakaan kerja akibat fatigue dalam 3 tahun terakhir tergolong rendah, bahkan
mencapai zero accident pada tahun 2020. Selain itu, dari total 94 responden
berdasarkan kuesioner IFRC, 72% operator masuk dalam kategori kelelahan
rendah, 25% dalam kategori sedang, dan 3% dalam kategori tinggi. Penelitian juga
menemukan adanya hubungan signifikan antara kelelahan kerja dengan umur dan
masa kerja operator, tetapi tidak ditemukan hubungan yang signifikan dengan
pendidikan terakhir dan shift kerja operator. Upaya pengendalian kecelakaan akibat
kelelahan yang dapat diterapkan, yaitu meningkatkan penerangan jalan di shift
malam serta penambahan lampu strobe di lokasi tertentu, fatigue monitoring dari
pengawas di jam kritis, dan pemasangan fatigue camera di dalam unit. Selain itu,
ditemukan indikasi utama kelelahan kerja disebabkan oleh dehidrasi, sehingga
manajemen dapat menambahkan sosialisasi mengenai bahaya dehidrasi dan cara
menghindarinya pada program manajemen fatigue di PT AMM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecelakaan kerja, alat berat tambang |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 02:24 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 02:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42015 |
Actions (login required)
View Item |