ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG SIMBOL SIMBOL KEBUDAYAAN DAERAH DALAM IKLAN INDOMIE DI MEDIA TELEVISI ( Analisis Semiotika Iklan Indomie Versi Selera Nusantara )

NURHASAN, JASTISI FILARDHI (2011) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG SIMBOL SIMBOL KEBUDAYAAN DAERAH DALAM IKLAN INDOMIE DI MEDIA TELEVISI ( Analisis Semiotika Iklan Indomie Versi Selera Nusantara ). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of JASTISI FILARDHI NURHASAN.pdf] Text
JASTISI FILARDHI NURHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of HALAMAN_PENGESAHAN_new.pdf] Text
HALAMAN_PENGESAHAN_new.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of cover_skripsi.pdf] Text
cover_skripsi.pdf

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Analisis Semiotika tentang Simbol Simbol
kebudayaan daerah Dalam Iklan Indomie di Media Televisi Versi Indomie Selera
Nusantara” penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan pada iklan yang
digunakan sebagai promosi dari perusahaan PT. INDOFOOD. Peneliti memilih dari
salah satu iklan Indomie yaitu versi Selera Nusantara karna sebagai sarana
berpromosi produk, iklan ini juga bisa memberi pesan tentang kerukunan antar suku
ras dan budaya yang berbeda. Iklan ini juga didukung dengan perspektif pengambilan
gambar tiap scene yang kuat dan sarat makna. Penelitian ini melihat bagaimana
makna pesan tentang simbol-simbol budaya dalam iklan Indomie versi selera
Nusantara di media televisi. Penelitian ini bertujuan mengetahui makna pesan tentang
simbol-simbol budaya dalam iklan Indomie versi Selera Nusantara.
Peneliti mencoba mengungkap pesan melalui symbol-simbol atau tanda yang
ingin disampaikan pembuat iklan Indomie versi Selera Nusantara metode yang
digunakan adalah analisis semiotika, studi analisis semiotika berisi tentang
pemaknaan berbagai macam symbol yang tersembunyi dalam iklan Indomie versi
Selera Nusantara yang sulit dimengerti jika hanya dilihat sekilas. Semiotika yang
sering disebut analisis semiologi merupakan salah satu cara, teknik atau metode untuk
menganalisis dan menginterpretasikan teks dalam hubungannya dengan segala bentuk
lambang atau gambar yang terkandung dalam media masa., dalam penelitian ini
model yang digunakan adalah Roland Bhartes. Dimana ia menganalisis berdasarkan
system denotasi dan konotasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indomie mengangkat tema yang sangat
menarik yaitu tentang keanekaragaman budaya, symbol-simbol budaya yang
digunakan pada iklan ini untuk mempertegas keberadaan Indomie yang sudah
menyebar ke seleruh Indonesia serta Indomie memberikan pesan pada masyarakat
tentang pentingnya menjaga kerukunan antar suku budaya ras dan agama yang
berbeda dan yang terakhir kampanye iklan Indomie yang menegaskan bahwa Indomie
adalah selera nusantara yang disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:28
Last Modified: 15 Nov 2024 02:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41657

Actions (login required)

View Item View Item