REDESIGN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI ECC DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS: PT. ECC.CO.ID)

NURHASANAH, LUTHFIYYAH (2024) REDESIGN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI ECC DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS: PT. ECC.CO.ID). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[thumbnail of ABSTRAK_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf] Text
ABSTRAK_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of COVER_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf] Text
COVER_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of PENGESAHAN_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf] Text
PENGESAHAN_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf] Text
DAFTAR ISI_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_LUTHFIYYAH NURHASANAH_124200016.pdf

Download (163kB)

Abstract

Pasar tenaga kerja Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk
tingginya angka pengangguran, ketidakcocokan keterampilan dengan kebutuhan industri,
dan rendahnya upah minimum. Salah satu solusi untuk mengatasi tantangan ini adalah
melalui layanan informasi pengembangan karir yang dapat membantu mahasiswa dan
alumni dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. PT. ECC sebagai perusahaan
yang bergerak di bidang teknologi informasi, telah mengembangkan aplikasi ECC untuk
membantu pengembangan karir. Namun, aplikasi ini masih memiliki beberapa
permasalahan, seperti kurangnya halaman onboarding, halaman Login dan registrasi yang
tidak informatif, navigasi yang rumit, serta tampilan yang kurang menarik. Penelitian ini
bertujuan untuk memperbaiki User interface dan meningkatkan nilai usability dari aplikasi
ECC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Design Thinking yang
terdiri dari 5 tahapan desain yaitu empathize, define, ideate, prototype dan testing. Dalam
tahapan testing, penelitian ini mengukur nilai usability pada aspek efficiency, effectiveness,
dan satisfaction. Untuk mengukur aspek efficiency dan effectiveness ini, dilakukan dengan
menggunakan tools Maze. Sedangkan untuk mengukur aspek satisfaction dilakukan dengan
metode System Usability Scale (SUS). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan
bahwa desain solusi memperoleh nilai Usability yang cukup tinggi, dimana parameter
Effectiveness menghasilkan nilai 92% artinya berdasarkan rentang nilai maka nilai
efektivitas desain aplikasi ECC termasuk dalam kategori sangat efektif. Sementara nilai
Efficiency memperoleh nilai sebesar 0.1017 Goal/sec, maka nilai efisiensi dari desain
aplikasi ECC termasuk dalam kategori cepat. Hasil penilaian satisfaction pengguna aplikasi
ECC diawal adalah 58,5 yang artinya aplikasi masih dapat diterima masyarakat dengan nilai
rendah, sementara hasil penilaian satisfaction pengguna terhadap desain aplikasi
memperoleh nilai 84,5 yang artinya desain aplikasi ECC baru dapat diterima masyarakat
dengan nilai cukup tinggi.
Kata Kunci: User interface, User experience, Design Thinking, User interface, Usability
testing, System Usability Scale (SUS)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: User interface, User experience, Design Thinking, User interface, Usability testing, System Usability Scale (SUS)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:57
Last Modified: 07 Nov 2024 01:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41573

Actions (login required)

View Item View Item