FACHRY, M HANIF (2024) MINIMASI WAKTU TUNGGU ANTRIAN TRUK SUPPLIER PADA PEMBONGKARAN MUATAN DI GUDANG RITEL MENGGUNAKAN SIMULASI SISTEM DISKRIT (Studi Kasus pada Perusahaan Ritel di Muaro Jambi). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
3. Cover_122200083_M Hanif Fachry.pdf Download (256kB) |
|
Text
2. Abstrak_12220003_M Hanif Fachry.pdf Download (175kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_122200083_M Hanif Fachry.pdf Download (455kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_122200083_M Hanif Fachry.pdf Download (354kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_122200083_M Hanif Fachry.pdf Download (191kB) |
|
Text
1. Skripsi Full Text_122200083_M Hanif Fachry.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
PT Ritel Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam
industri ritel dengan beberapa cabang yang tersebar di Indonesia. PT Ritel Makmur
Cabang Jambi memiliki satu gudang pusat distribusi yang berfungsi untuk
memenuhi permintaan barang 251 toko di wilayahnya. Untuk memenuhi
permintaan barang, perusahaan bekerja sama dengan supplier lokal maupun luar
kota. Proses pembongkaran muatan truk sering kali menghadapi tantangan dalam
mengelola waktu tunggu antrian pembongkaran. Rata-rata kedatangan truk
perharinya mencapai 70 truk dengan rata-rata waktu menunggu selama 290 menit.
Tingginya tingkat kedatangan truk dengan lokasi pembongkaran yang terbatas
menyebabkan terjadinya penundaan pembongkaran. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan untuk merancang perbaikan sistem layanan pembongkaran untuk
mengurangi waktu tunggu antrian pembongkaran muatan truk supplier.
Pendekatan simulasi sistem diskrit dilakukan untuk menyelesaikan
permasalahan yang terjadi dari sistem. Tahapan penyelesaian masalah dilakukan
dengan pembuatan model awal yang merupakan representasi dari sistem nyata.
Kemudian, dilakukan pembuatan rekomendasi usulan perbaikan untuk mengatasi
masalah yang ada pada sistem. Rekomendasi perbaikan dilakukan dengan
menggunakan tiga skenario perbaikan. Skenario 1 yaitu dengan melakukan
penambahan proses pembongkaran di dock retur, skenario 2 dengan melakukan
penambahan satu unit receiving dock door, dan pada skenario 3 dengan melakukan
kombinasi skenario 1 dan 2 yaitu berupa penambahan proses pembongkaran di dock
retur barang serta penambahan satu unit receiving dock door.
Hasil simulasi skenario usulan menunjukkan bahwa skenario 3 merupakan
skenario terbaik dengan menghasilkan waktu tunggu paling minimal yaitu selama
162 menit. Hasil tersebut dapat memperbaiki waktu tunggu hingga 44% dengan
tidak adanya kendaraan yang mengalami penundaan pembongkaran. Analisis
kelayakan dilakukan pada skenario terbaik untuk mengetahui apakah skenario yang
dipilih layak untuk diterapkan di perusahaan. Perhitungan dilakukan menggunakan
3 metode dengan hasil, indikator nilai NPV menunjukkan nilai yang positif sebesar
Rp45.240.774.545,00, IRR menunjukkan nilai yang positif sebesar 1183%, dan
PBP selama 0,08 tahun. Dari hasil indikator tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa
skenario layak untuk dilanjutkan karena menghasilkan keuntungan bagi
perusahaan.
Kata Kunci: Simulasi; Waktu Tunggu Antrian; Analisis Kelayakan; Gudang; Software ProModel
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simulasi; Waktu Tunggu Antrian; Analisis Kelayakan; Gudang; Software ProModel |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:52 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 01:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41556 |
Actions (login required)
View Item |