HERMAWATI, SELVIA (2024) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PROSES PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP DI PT SEBUKU TANJUNG COAL, KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_112200031_Selvia Hermawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
2. Cover_112200031_Selvia Hermawati.pdf Download (71kB) |
|
Text
3. Abstrak_112200031_Selvia Hermawati.pdf Download (13kB) |
|
Text
4. Halaman Pengesahan_112200031_Selvia Hermawati.pdf Download (230kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_112200031_Selvia Hermawati.pdf Download (57kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_112200031_Selvia Hermawati.pdf Download (79kB) |
Abstract
v
RINGKASAN
PT Sebuku Tanjung Coal merupakan perusahaan pertambangan yang bergerak
pada bidang pertambangan batubara di Indonesia. Lokasi penambangan yang
terletak di daerah Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru, Provinsi
Kalimantan Selatan.
Kegiatan operasi penambangan di PT Sebuku Tanjung Coal menggunakan
metode tambang terbuka dengan metode strip mine. Kegiatan tersebut dilakukan
dengan alat gali-muat Excavator HC1200 dan SY750H serta Dumptruck Sany
SKT80S dan Volvo A40F untuk pengangkutannya. Produktivitas alat gali-muat dan
alat angkut pada kegiatan pengupasan lapisan penutup seringkali menjadi masalah
penting karena berpengaruh terhadap target produksi yang dicapai.
Permasalahan PT Sebuku Tanjung Coal pada bulan Februari 2024 adalah tidak
tercapainya target produksi pada alat angkut. Target produksi yang ditetapkan pada
lapisan tanah penutup sebesar 538.000 BCM/Bulan pada bulan Februari 2024 dan
untuk produksi alat angkut PT Sebuku Tanjung Coal yang dihasilkan pada ketiga
fleet yaitu sebesar 178.348,97 BCM/Bulan pada fleet A, 148.682,40 BCM/Bulan
pada fleet B, 155.970,73 BCM/Bulan pada fleet C. Secara kumulatif produksi pada
ketiga fleet tersebut sebesar 89,78% atau sebesar 483.002,10 BCM/Bulan.
Hasil dari penelitian didapatkan usulan terhadap permasalahan untuk
peningkatan produksi pada bulan Februari 2024 dengan cara meningkatkan waktu
kerja efektif pada masing masing fleet dengan menekan hambatan-hambatan yang
ada, penambahan curah serta pengoptimalan waktu edar pada alat angkut melalui
perbaikan jalan.
Nilai produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan mengalami
peningkatan pada masing-masing fleet. Fleet A menjadi 219.756,51 BCM/Bulan,
fleet B menjadi 203.192,30 BCM/Bulan, fleet C menjadi 214.484,51 BCM/Bulan.
Secara kumulatif peningkatan produksi dari 483.002,10 BCM/Bulan (89,78%)
menjadi 637.433,32 BCM/Bulan (118,48%) sehingga telah memenuhi target
produksi yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu sebesar 538.000 BCM/Bulan pada
bulan Februari.
vi
SUMMARY
PT Sebuku Tanjung Coal is a mining company engaged in coal mining in
Indonesia. The mining location is located in the Central Laut Island District,
Kotabaru Regency, South Kalimantan Province.
Mining operations at PT Sebuku Tanjung Coal use the open pit method with the
strip mine method. The activity is carried out with HC1200 and SY750H Excavator
and Sany SKT80S and Volvo A40F Dumptruck for transportation. The productivity
of excavators and haulers in overburden stripping activities is often an important
issue because it affects the production targets achieved.
The problem of PT Sebuku Tanjung Coal in February 2024 is the non-
achievement of the production target on the hauling equipment. The production
target set on the overburden layer was 538,000 BCM / month in February 2024 and
for the production of PT Sebuku Tanjung Coal's hauling equipment produced in the
three fleets was 178,348.97 BCM / month in fleet A, 148,682.40 BCM / month in
fleet B, 155,970.73 BCM / month in fleet C. Cumulatively the production in the
three fleets was 89.78% or 483,002.10 BCM / month.
The results of the research obtained proposals for problems to increase
production in February 2024 by increasing the effective working time of each fleet
by suppressing existing obstacles, adding bulk and optimizing the cycle time on the
conveyance through road improvements.
The productivity value of the conveyance after the repair has increased in each
fleet. Fleet A became 219,756.51 BCM/month, fleet B became
203,192.30 BCM/month, fleet C became 214,484.51 BCM/month. Cumulatively, the
increase in production from 483,002.10 BCM/month (89.78%) to
637,433.32 BCM/month (118.48%) has met the production target set by the
company of 538,000 BCM/month in February.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 01:45 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41554 |
Actions (login required)
View Item |