UPAYA ARAB SAUDI DALAM MENINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA UNTUK MEWUJUDKAN SAUDI VISION 2030

MUFLIHAN, MUHAMMAD DZAKA (2024) UPAYA ARAB SAUDI DALAM MENINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA UNTUK MEWUJUDKAN SAUDI VISION 2030. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf] Text
Skripsi Fulltext_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf] Text
Abstrak_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Cover_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf] Text
Cover_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf] Text
Lembar Pengesahan_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Isi_151200062_ Muhammad Dzaka Muflihan.pdf] Text
Daftar Isi_151200062_ Muhammad Dzaka Muflihan.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf] Text
Daftar Pustaka_151200062_Muhammad Dzaka Muflihan.pdf

Download (304kB)

Abstract

Skripsi ini mengeksplorasi Saudi Vision 2030 yang diluncurkan oleh
Pangeran Muhammad Bin Salman pada tahun 2016, yang bertujuan untuk
mereformasi perekonomian Arab Saudi dengan mengurangi ketergantungan pada
minyak dan mengembangkan sektor lain, khususnya melalui sektor pariwisata.
Terdapat tantangan yang dihadapi Arab Saudi untuk meningkatkan sektor
pariwisata, seperti citra konservatif dan regulasi yang ketat, yang mungkin
menghambat pertumbuhan pariwisata. Meskipun menghadapi tantangan tersebut,
Arab Saudi telah menerapkan langkah-langkah signifikan seperti pelonggaran
kebijakan visa dan investasi dalam proyek skala besar. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif-deskriptif dengan mengumpulkan data mengenai upaya dari Arab
Saudi untuk mengembangkan sektor pariwisata demi tercapainya rancangan Saudi
Vision 2030. Dengan menggunakan konsep nation branding yang dikemukakan
oleh Keith Dinnie, ditemukan bahwa upaya pemerintah Arab Saudi dalam
mencapai Saudi Vision 2030 di sektor pariwisata adalah dengan strategi nation
branding melalui nation-brand advertising, customer and citizen relationship
management, nation-brand ambassador dan the naming of nation-brand. Melalui
upaya ini, Arab Saudi berhasil mencapai beberapa target dalam sektor pariwisata
seperti mencapai 100 juta kunjungan wisatawan dan peningkatan kontribusi sektor
pariwisata terhadap perekonomian Arab Saudi, menempatkannya sebagai tujuan
pariwisata global yang berkembang sesuai dengan tujuan Saudi Vision 2030.
Kata kunci : Saudi Vision 2030, diversifikasi ekonomi, pariwisata, nation
branding, Arab Saudi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Saudi Vision 2030, diversifikasi ekonomi, pariwisata, nation branding, Arab Saudi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:59
Last Modified: 04 Nov 2024 03:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41528

Actions (login required)

View Item View Item