MOHAMMAD, ABHIRAMA (2024) EVALUASI USABILITY WEBSITE KYOU HOBBY SHOP MENGGUNAKAN METODE WEBSITE USABILITY EVALUATION TOOL (WEBUSE) DAN USABILITY TESTING. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_124180061_Abhirama Mohammad.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
2. Cover_124180061_Abhirama Mohammad.pdf Download (421kB) |
|
Text
3. Abstrak_124180061_Abhirama Mohammad.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_124180061_Abhirama Mohammad.pdf Download (369kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_124180061_Abhirama Mohammad.pdf Download (470kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_124180061_Abhirama Mohammad.pdf Download (757kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mempermudah aktivitas sehari-hari seperti kegiatan jual beli.
Teknologi informasi dan sistem jual beli di dalam bisnis sangat berkembang dengan bantuan internet
yang dinamakan E-Commerce. Untuk mempermudah kegiatan jual-beli, toko Kyou Hobby Shop
yang dimana bergerak pada bidang bisnis mainan koleksi atau action figure juga memanfaatkan
teknologi E-Commerce. Berdasarkan informasi dari pengguna, website Kyou Hobby Shop masih
memiliki beberapa kendala seperti tampilan yang terlalu ramai, tampilan di perangkat mobile yang
masih terlalu ramai, susahnya mencari informasi promo, dan agak sulit untuk melakukan navigasi
pada website. Permasalahan ini tentunya terkait dengan usability website, usability sendiri adalah
sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu
dengan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan dalam konteks penggunaan tertentu.
Pada penelitian ini, untuk melakukan evaluasi usability website Kyou Hobby Shop akan
digunakan metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE) dan metode usability testing,
metode WEBUSE adalah metode evaluasi usability yang mengumpulkan data melalui penyebaran
kuesioner yang berisikan 24 pertanyaan yang akan diberikan kepada responden dan memanfaat skala
likert sebagai alat pengukuran, sehingga setelah itu akan didapatkan data kuantitatif yang akan
diintepretasikan sesuai level usabilitas WEBUSE. Lalu pada metode usability testing akan
menggunakan tugas skenario yang berkaitan dengan masalah pada website dan wawancara terstruktur
dimana partisipan akan memberitahu kendala yang dialami serta saran yang dapat diberikan untuk
perbaikan sehingga akan didapatkan data kualitatif. Kedua metode tersebut memiliki responden
dengan jumlah total sebanyak 96 orang untuk sampel WEBUSE dan 5 orang untuk sampel usability
testing.
Hasil yang didapatkan dari pengujian WEBUSE pada website Kyou Hobby Shop adalah pada
kategori content, organization, and readability mendapatkan hasil excellent (0.85), navigation and
links mendapatkan hasil excellent (0.86), user interface design mendapatkan hasil excellent (0.88),
performance and effectiveness mendapatkan hasil good (0.80). Untuk metode usability testing pada
pengujian skenario mendapatkan hasil pengujian evaluasi yang mendapati 6 kendala yang perlu
diperbaiki seperti susahnya membedakan halaman yang pernah dikunjungi dan belum pernah
dikunjungi, sulitnya mendapat informasi produk diskon, terlalu banyak scrolling kebawah, tidak
adanya menu filter kategori pada halaman home, tidak adanya fitur contact admin pada halaman, dan
item terbaru perlu scrolling yang jauh kebawah. Dari beberapa hasil pengujian usabilitas website
Kyou Hobby Shop dapat diharapkan menjadi pertimbangan serta pedoman dalam proses
pengembangan website tersebut kedepannya.
Kata Kunci: Evaluasi Penggunaan, WEBUSE, Usability Testing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Penggunaan, WEBUSE, Usability Testing |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:31 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41443 |
Actions (login required)
View Item |